Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis ratio profitabilitas dan rasio likuiditas dalam mengukur kinerja keuangan pada PT. Indofood Sukses Makmur, TBK


ABSTRAK
Seperti yang kita tahu, pada era globalisasi sekarang ini, dunia usaha mengalami persaingan yang semakin ketat, tingkat pertumbuhan ekonomi semakin padat dan perkembangan tinggkat permintaan yang semakin kompleks mengakibatkan timbulnya berbagai macam perusahaan yang hanya menjawab kebutuhan dari konsumen. Dari kondisi di atas yaitu menimbulkan banyak pesaing yang semakin ketat di dalam industri – industri yang ada di bidang yang sama. Ketatnya persaingan yang ada mengharuskan perusahaan melakukan pengolahan manajemen dengan baik sehingga dapat menguasi pansa pasarnya.
Pada penelitian ini penulis mengukur kinerja keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dengan menggunakan alat analisis berupa rasio yang meliputi rasio profitabilitas dan rasio likuiditas. Pengukuran kinerja ini mengukur kinerja keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk selama 5 tahun yaitu 2006 sampai dengan tahun 2010, sehingga dengan pengukuran 5 tahun tersebut dapat di ketahui kinerja keuangan perusahaan.Apabila dilihat berdasarkan analisis rasio menunjukan kondisi perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sudah bagus, dengan mengukur rasio profitabilitas dan rasio likuiditas sudah cukup baik, walau terjadi perubahan setiap tahunnya yang ditunjukan dengan rasio Profitabilitas dan likuiditas yang mengalami naik turun.
Rasio profitabilitas menunjukan penurunan di tahun 2008, namun perusahaan masih bisa mengtasinya. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan yang terjadi tahun 2010 yang menandakan adanya peningkatan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Rasio Likuiditas menujukan bahwa tingkat likuiditas PT. Indofood Sukses Makmur Tbk menunjukkan keadaan yang baik. Dengan angka rasio mendekati angka 100% menunjukan bahwa manajemen dapat segera memperoleh alat likuid berupa penjualan surat berharga, penagihan piutang dan penyediaan kas tanpa harus menjual tunai persedian untuk dapat melunasi hutang jangka pendeknya.
Perusahaan diharapkan dapat meningkatkan rasio profitabilitasnya, karena profitabilitas yang meningkat menunjukan keadaan perusahaan yang semakin baik dari tahun ketahun karena keuntungan meningkat dan perusahaan harus terus meningkatkan rasio lancarnya, karena bagi kreditur rasio lancar yang tinggi merupakan indikator yang baik atas besarnya klaim kreditur jangka pendek yang dapat di tutupi oleh aktiva yang diharapkan akan dikonversi menjadi kas relatif lebih cepat.

Felisa Wijaya (11108049) - Personal Name
2012
Sk. Eko Wij 52 2012
Sk. Eko Wij 52 2012
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2012
Surabaya
xiii, 99 hal. 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...