Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Persepsi Konsumen Terhadap E-money Sebagai Alat Pembayaran Di Surabaya


Perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi memberi dampak terhadap munculnya inovasi-inovasi baru dalam pembayaran elektronis (electronic payment). Dewasa, ini kemajuan teknologi secara bertahap mulai mampu menggeser uang tunai sebagai alat pembayaran ke dalam pembayaran non tunai yang lebih efektif dan efisien. Maka kemudian, di era moderen muncullah emoney atau uang elektonik. Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (storedvalue) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Di dalam penelitian ini, prosedur penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan proses wawancara kepada 12 narasumber yang sudah menggunakan e-money dan yang belum menggunakn e-money agar mencapai jawaban yang lebih mendalam. Langkah yang digunakan yaitu open coding dimana peneliti menganalisis teks dan kemudian meringkasnya dengan member label berupa kode. Analisis yang dilakukan adalah persepsi kemudahan penggunaan, kemanfaatan, harga dan promosi. Hasil yang di peroleh penulis dalam penelitian ini adalah persepsi konsumen terhadap e-money sebagai alat pembayaran ditinjau dari kemudahan pengguna, kemanfaatan, harga, dan promosi termasuk baik. Namun masi perlu di tingkatkan kinerja petugas yang melayani e-money kususnya dijalan toll.
SK.EKO Lew 289 2018
SK.EKO Lew 289 2018
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2018
Surabaya
LOADING LIST...
LOADING LIST...