Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Balance Scorecard Sebagai Pengukur Kinerja Perusahaan PT. Kharisma Sentosa Surabaya


Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks seperti saat ini dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Dalam hal ini metode yang dapat digunakan adalah Balance Scorecard. Balance Scorecard adalah alat pengukur kinerja yang menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Balance Scorecard mengukur kinerja dari empat perspektif, yaitu perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data tahun 2015-2016 pada PT. Kharisma Sentosa Surabaya untuk menghitung perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif Bisnis Internal, dan perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Indikator dalam perhitungan meliputi Pertumbuhan Pendapatan, Perubahan Biaya, ROI, Profit Margin, Operating Ratio, Retensi Pelanggan, Jumlah keluhan, Akuisisi Pelanggan, Proses Inovasi, Proses Operasi, Proses layanan Purna Jual, Produktifitas Karyawan, Retensi Karyawan, dan Absenteeism. Dari hasil perhitungan Balance Scorecard dibandingkan dengan standar yang ditetapkan PT. Kharisma Sentosa Surabaya secara keseluruan masih kurang baik dikarenakan sebagian besar indikator yang telah dihitung dengan Balance Scorecard tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dari data penellitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Balance Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh untuk perusahaan agar kedapannya dapat menerapkan Balance Scorecard dalam mengukur kinerjanya.
SK.AK Ira 196 2018
SK.AK Ira 196 2018
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2018
Surabaya
LOADING LIST...
LOADING LIST...