Detail Cantuman Kembali
Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Statistika SMA Kelas XI Menggunakan Perangkat Mobile
Pembelajaran statistika bagi siswa SMA merupakan hal yang tidak mudah, dikarenakan soal yang harus diselesaikan melalui rumus penyelesaian. Statistika adalah salah satu materi yang ada dalam mata pelajaran matematika tingkat SMA. Belum ada media khusus yang memudahkan siswa dalam mempelajari statistika tingkat SMA. Sehingga diperlukan media aplikasi smartphone yang membantu dan mempermudah siswa memahami rumus dan menyelesaikan soal statistika dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode prototype yang merupakan metodologi pengembangan software yang menitik-beratkan pada pendekatan aspek desain, fungsi dan user-interface. Metode tersebut dapat diterapkan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis terhadap kebutuhan pengguna, pembuatan desain, pembuatan aplikasi, evaluasi, perbaikan prototype, produksi akhir aplikasi. Hasil dari penerapan metode penelitian adalah terbentuknya aplikasi pembelajaran statistika tingkat SMA dengan isi materi menggunakan kurikulum 2013, proses perhitungan hingga hasil penyelesaian sesuai inputan user, dan soal-soal kuis yang disediakan berdasarkan tingkat kesulitan dan menghasilkan nilai tertinggi yang menjadi bahan evaluasi siswa. Isi materi statistika SMA meliputi Ukuran Pemusatan Data (mean, modus, median), Ukuran Letak Data (kuartil, desil, persentil), dan Ukuran Penyebaran Data (range, rentang kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku). Dari aplikasi yang telah dibuat, dilakukan evaluasi dengan mendapat tanggapan dari 32 responden. Dari evaluasi tersebut kemudian diolah hingga mendapatkan nilai rerata 4 dimana tergolong dalam kriteria Baik (B) dengan presentase sebesar 80%. Kesimpulannya, aplikasi yang telah dibuat membantu dan mempermudah siswa dalam mempelajari statistika tingkat SMA.
Johanes Adi Kristanto (31111003) - Personal Name
SK.INF Kri 121 2016
SK.INF Kri 121 2016
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2016
Surabaya
LOADING LIST...
LOADING LIST...