Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN “存现句” (Cunxianju) PADA MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA SEMESTER IV, VI, DAN VIII


ABSTRAK

“存现句” (Cunxianju) merupakan suatu pola kalimat yang paling memiliki karakteristik dalam Bahasa Mandarin, juga merupakan suatu titik sulit bagi pelajar Indonesia dalam proses mempelajari Bahasa Mandarin. “存现句” (Cunxianju) adalah kalimat yang menyatakan keberadaan, kemunculan, maupun menghilangnya suatu benda atau seseorang pada tempat dan waktu tertentu, dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu “存在句” (Cunzaiju) dan “隐现句” (Yinxianju).
Pelajar Indonesia seringkali menemukan kesulitan ketika mempelajari dan menggunakannya, karena struktur dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia sedikit berbeda. Sampai saat ini, analisis yang berkaitan dengan kesalahan-kesalahan dalam mempelajari “存现句” (Cunxianju) tidak banyak, sedangkan analisis kesalahan “存现句” (Cunxianju) yang mengarah pada pelajar Indonesia lebih sedikit lagi.
Untuk meningkatkan kualitas dan hasil dari pembelajaran Bahasa kedua, tugas akhir ini menggunakan teori yang berkaitan dengan analisis kesalahan. Isi pokok dari tugas akhir ini adalah analisis kesalahan dan saran pembelajaran. Subjek peneletian dalam tugas akhir ini adalah mahasiswa Universitas Widya Kartika Surabaya semester IV, VI, dan VIII sebanyak 35 orang. Metode dari penelitian ini adalah studi kepustakaan dan menganalisa kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan-kesalahan yang muncul adalah menambahkan 介词 “在” atau “从” di depan keterangan tempat atau waktu, menjadikan kata benda yang pasti sebagai objek dari “存现句” (Cunxianju), di depan kata kerja ditambahkan 副词 “正”, dan lain-lain. Penyebab kesalahan-kesalahan tersebut adalah pengaruh bahasa ibu, kesalahgunaan tata bahasa, siswa tidak memahami “存现句” (Cunxianju), dan pengaruh masa belajar.
Siau DJing (61513075) - Personal Name
SK.BT Sia 57 2016
SK.BT Sia 57 2016
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2016
Surabaya
xii-65 hal.; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...