Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Restitusi Pajak Pertambahan Nilai pada Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng)


ABSTRAK

Negara Indonesia menggunakan pajak sebagai sumber utama penerimaan negara. Salah satu macam pajak adalah pajak pertambahan nilai Adanya restitusi pajak pertambahan nilai membuat penerimaan negara berkurang. Restitusi pajak pertambahan nilai adalah kelebihan pembayaran pajak masukan daripada pajak keluaran atas konsumsi barang atau jasa kena pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis restitusi pajak pertambahan nilai pada penerimaan pajak pertambahan nilai (studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang melalui wawancara langsung dengan pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen format-format surat prosedur pengembalian restitusi PPN.
Hasil penelitian ini menunjukan prosedur restitusi pajak pertambahan nilai yang terjadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng telah berjalan sesuai prosedur dan hasil lainnya adalah restitusi PPN yang dikabulkan dapat mengurangi penerimaan negara. Namun pada prosedur restitusi pajak pertambahan nilai ditemukan adanya kelemahan dalam mengatur waktu . Sebaiknya bagi pihak yang terkait dalam proses pembayaran dan pelaporan pajak, untuk dapat lebih teliti dalam proses tersebut agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan terjadinya restitusi Pajak Pertambahan Nilai.
SK.AK Rah 159 2016
SK.AK Rah 159 2016
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2016
Surabaya
xiii-82 hal.; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...