Detail Cantuman Kembali

XML

Rancang Bangun Sistem Kontrol dan Monitoring Pada Tanaman Tomat


ABSTRAK
Indonesia sebagai negara agraris memliki potensi yang besar sekali dalam bidang pertanian. Salah satu produk tanaman pertanian indonesia adalah tomat. Dalam perkembangannya tanaman tomat perlu perawatan khusus karena tanaman tomat rentan terhadap perubahan suhu dan kelembaban. Untuk mendapatkan hasil panen yang memiliki kualitas dan produktifitas perlu adanya pengkondisian lingkungan tanaman agar tercipta atmosfer yang menunjang pertumbuhan tanaman.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti dari para pekerja di Kebun Sayur Surabaya. Aplikasi yang akan dibangun ini berfungsi untuk meningkatkan produktivis dan kualitas produksi tanaman tomat. Untuk membangun aplikasi ini dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang hasilnya dapat digunakan dengan mudah dan praktis. PHP digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk merancang aplikasi.
Sistem ini dibangun dengan menggunakan perangkat embedded system yang praktis dan hemat daya. Perangkat embeddedyang digunakan adalah andruino UNO R3 sebagai media pemrosesan data. Dari hasil pengujian, sistem mampu menampilkan status suhu udara dan kelembaban tanah di sekitas tanaman tomat. Sistem mampu menerima nilai-nilai sensor dan menyimpannya ke dalam server secara realtime.
2016
Sk.inf Pan127 2016
Sk.inf Pan127 2016
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2016
Surabaya
xiv-84 hal.; 29cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...