Detail Cantuman Kembali
Pembuatan Mobile Game Historia Untuk Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia
ABSTRAK
Pelajaran sejarah adalah salah satu mata pelajaran wajib di kurikulum sekolah. Namun, sebagian besar siswa menganggap sejarah sebagai pelajaran sulit. Penyebabnya adalah banyaknya nama tokoh, nama peristiwa, tempat, tanggal, penyebab, akibat, dan isi peristiwa yang harus dihapal. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah mobile game sebagai media alternatif pembelajaran sejarah untuk membantu para siswa dalam mempelajari sejarah sekaligus meningkatkan minat terhadap pelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterflow yang dimulai dari identifikasi masalah, analisa dan desain sistem permainan, implementasi, ujicoba, dan laporan. Penulis menggunakan GDD (Game Design Document) dalam proses desain game dan Unity dalam proses pengembangan game. Dari hasil ujicoba kepada para siswa dan guru SMP menunjukkan bahwa game Historia membantu siswa dalam memahami sejarah dan juga meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah. Selain itu, game Historia juga membantu para guru dalam proses mengajarkan sejarah pada siswa.
Andreas Jonathan Pello (31111005) - Personal Name
2016
SK.INF Pel 126 2016
SK.INF Pel 126 2016
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2016
Surabaya
xiii-69 hal.; 29cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...