Detail Cantuman Kembali
Pengaruh kualitas produk, citra merek, harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk, citra merek, harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan, parsial, dan dominan.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli dan menggunakan mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling digunakan ketika peneliti memilih karakteristik tertentu dan telah ditetapkan sebelumnya.
Diperoleh persamaan Y = 0.754 + 0.211∙X1 + 0.258∙X2 + 0.295∙X3 + 0.302∙X4 + 0.212∙X5, yang memiliki arti bahwa variabel kualitas produk, citra merek, harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya.
Hipotesis penulis yang menduga bahwa variabel bebas kualitas produk, citra merek, harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya telah terbukti. Hal ini mampu dibuktikan dengan menggunakan uji F, dimana hasil yang diperoleh yaitu Fhitung ≥ Ftabel, yaitu 10.770 ≥ 2.31, yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, citra merek, harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya.
Hipotesis penulis yang menduga bahwa variabel bebas kualitas produk, citra merek, harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya telah diketahui. Kualitas produk thitung 2.454 ≥ ttabel 1.984, Citra merek thitung 2.317 ≥ ttabel 1.984, Harga thitung 2.329 ≥ ttabel 1.984, Promosi thitung 3.167 ≥ ttabel 1.984, dan Pelayanan thitung 2.088 ≥ ttabel 1.984. Maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, citra merek, harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian mobil jenis Multi Purpose Vehicle merek Toyota Kijang Innova di Surabaya.
Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel promosi, karena memiliki nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0.307, yang nilainya terbesar daripada variabel lainnya.
Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0.364. Hal ini menunjukkan bahwa 36.4% dari tingkat keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kelima variabel independennya, yaitu kualitas produk, citra merek, harga, promosi,dan pelayanan. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 63.6% (100%-36.4%) dipengaruhi oleh faktor – faktor lain di luar variabel independennya
Felix Wirawan (11111056) - Personal Name
2015
SK. EKO Wir 202 2015
NONE
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2015
Surabaya
xiv-129;29cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...