Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh pinyin terhadap pelafalan bahasa mandarin pada siswa kelas 4 SD Surabaya Montessori School


ABSTRAK
Indah Suryani (Pendidikan Bahasa Mandarin)
Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis melakukan observasi terlebih dahulu di SD Surabaya Montessori School untuk mengetahui keadaan siswa tentang pembelajaran bahasa Mandarin. Dari hasil observasi tersebut diketahui bahwa di dalam buku pelajaran bahasa Mandarin yang digunakan di SD Surabaya Montessori School terdapat pinyin sebagai bantuan dalam melafalkan karakter Mandarin. Namun dalam proses pembelajaran, siswa tidak diberikan pembelajaran khusus pinyin sehingga membuat siswa tidak dapat membaca karakter Mandarin baru dengan benar sendiri dan masih harus bergantung pada bantuan guru untuk membaca. Melalui latar belakang permasalahan tersebut, maka penulis ingin meneliti keadaan siswa sebelum dan sesudah penulis mengajarkan pinyin dan apa pengaruhnya dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin.
Setelah penulis melakukan observasi dan memberikan tes kepada 14 siswa baik itu tertulis maupun lisan, maka didapatkan hasil sebagai berikut: siswa yang memenuhi SKBM dari hasil tes sebelum pembelajaran pinyin hanya 3 orang. Siswa yang memenuhi SKBM dari hasil tes tertulis setelah pembelajaran pinyin sebanyak 13 orang. Siswa yang memenuhi SKBM dari hasil tes membaca sebanyak 11 orang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah siswa mendapatkan pembelajaran pinyin, siswa dapat menjadi lebih mengerti dan menguasai pinyin sehingga siswa dapat menjadi lebih mandiri dalam belajar dan tidak perlu lagi bergantung kepada guru untuk melafalkan dengan benar karakter-karakter Mandarin yang dipelajari.

Indah Suryani (61513001) - Personal Name
2014
Sk. BT Sur 31 2014
Sk. BT Sur 31 2014
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2014
Surabaya
xiv, 39 hal; 29cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...