Detail Cantuman Kembali

XML

Studi komparasi hasil pembelajaran bahasa mandarin siswa kelas IV SD Kristen Gloria III Surabaya menggunakan metode drill dengan media flashcard dibandingkan cara konvensional


ABSTRAK
Yenny Puspitasari (Pendidikan Bahasa Mandarin)
Perkembangan jaman yang semakin pesat memberikan pengaruh yang besar terhadap segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Dengan kemajuan jaman seperti sekarang ini, bidang pendidikan juga dituntut untuk semakin berkompetensi dengan mengajarkan keterampilan berbahasa asing seperti bahasa Mandarin.
Namun pada faktanya, pembelajaran bahasa Mandarin tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak kendala-kendala yang dialami oleh para siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin, apalagi bila cara pengajaran guru di kelas kurang menarik dan kurang bervariasi. Kendala-kendala ini bisa mempengaruhi minat siswa dalam belajar serta berpengaruh pada prestasi belajar siswa.
Pada saat peneliti melakukan kerja praktek di SD Kristen Gloria III Surabaya, dari rasa keingintahuan peneliti, peneliti mencoba melakukan eksperimen pengajaran pada siswa kelas IV SD Kristen Gloria III Surabaya dengan tujuan untuk membandingkan hasil belajar bahasa Mandarin siswa (studi komparasi). Peneliti terlebih dahulu melakukan observasi terhadap siswa, merencanakan kegiatan pembelajaran, menentukan metode dan media pengajaran, serta melakukan pengajaran pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan pengajaran bahasa Mandarin dengan metode drill yang menggunakan media flashcard, sedangkan kelas kontrol mendapatkan pengajaran bahasa Mandarin dengan cara konvensional. Setelah 7 kali tatap muka, maka peneliti memberikan tes formatif pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol dan hasilnya akan dianalisis dan dibandingkan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan atau tidak. Dari hasil analisis, diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar namun tidak signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari penelitian yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Mandarin namun tidak signifikan antara kelas eksperimen yang mendapatkan pengajaran menggunakan metode drill dengan media flashcard jika dibandingkan dengan hasil belajar dari kelas kontrol yang mendapatkan pengajaran dengan cara konvensional. Namun demikian, setelah dilakukannya eksperimen pengajaran ini, hasil belajar kelas eksperimen jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol.

2014
Sk. BT Pus 26 2014
Sk. BT Pus 26 2014
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2014
Surabaya
xiii, 94 hal; 29cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...