Detail Cantuman Kembali
Pengaruh Information Attainment, Price Comparison, Uniquess Seeking, Assortment Seeking, Convenience Seeking, Dan Social Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Di Supermaket Bilka Surabaya.
ABSTRAK
Bilka Supermarket dan Department Store adalah salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya yang ikut bersaing untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan motif information attainment, price comparison, uniquess seeking, assortment seeking, convenience seeking, dan social interaction terhadap loyalitas konsumen di Bilka Supermarket dan Department Store.
Penelitian ini menggunakan 6 variabel (X) yaitu information attainment (X1), price comparison (X2), uniquess seeking (X3), assortment seeking (X4), convenience seeking (X5), dan social interaction (X6) dengan variabel (Y) yaitu loyalitas konsumen di Bilka Surabaya, dengan populasi yaitu keseluruhan masyarakat Surabaya dengan target berumur diatas 17 tahun dan pernah mengunjungi Bilka Surabaya dalam 1 bulan terakhir dan telah diambil sampel sebanyak 100 responden. Pengukuran data yang digunakan adalah dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisa Regresi Linier Berganda, Koefisien Korelasi Berganda (R), Uji F (Uji Secara Simultan), dan Uji T (Uji Secara Parsial).
Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa validitas dan reliabilitas data telah terpenuhi. Hipotesis penulis yang menduga bahwa variabel bebas yang terdiri dari information attainment (X1), price comparison (X2), uniquess seeking (X3), assortment seeking (X4), convenience seeking (X5), dan social interaction (X6) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen di Bilka Surabaya telah terbukti. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa, hasil dari Uji Validitas adalah Valid. Uji Reliabilitas adalah reliable, dari Analisa Regresi Linier Berganda telah di dapatkan permodelan Y = (0,72) + 0,19(X1) + 0,08(X2) + 0,16(X3) + 0,01(X4) + 0,22(X5) + 0,14(X6) Dari Koefisien Determinasi Berganda (R²) didapatkan hasil 0,64 (64%). Dari Uji F (uji simultan) didapatkan hasil F hitung 27,66 > F tabel 2,09 sehingga dapat dikatakan bahwa keenam variabel bebas secara simultan mempengaruhi loyalitas konsumen di Bilka Surabaya. Dari uji t (uji parsial) didapatkan hasil variabel information attainment (X1) t hitung (2,944) > t tabel (1,967), variabel price comparison (X2) t hitung (1,771) < t tabel (1,967), variabel uniquess seeking (X3) t hitung (2,547) > t tabel (1,967), variabel assortment seeking (X4) t hitung (0,212) < t tabel (1,967), variabel convenience seeking (X5) t hitung (3,173) > t tabel (1.967), dan variabel social interaction (X6) t hitung (2,326) > t tabel (1,967). Dari keenam hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa price comparison (X2) tidak memberi pengaruh yang signifikan yaitu sebesar t hitung 1,771 < t tabel 1,967 dan variabel assortment seeking (X4) tidak memberi pengaruh yang signifikan yaitu sebesar t hitung 0,212 < t tabel 1,967. Covenience seeking merupakan variabel yang paling dominan disbanding variabel lain yaitu sebesar t hitung 3,173 > t tabel 1,967.
Kata Kunci: Information Attainment, Price Comparison, Uniquess Seeking, Assortment Seeking, Convenience Seeking, Social Interaction, Loyalitas. Bilka Supermarket.
Felix Joenathan (11110032) - Personal Name
2014
Sk.Eko Joe 161 2014
Sk.Eko Joe 161 2014
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2014
Surabaya
xv,97hal.; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...