Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Bahasa Mandarin dengan menggunakan media Power Point dan Flash Card untuk siswa kelas XI SMA Vita Surabaya


ABSTRAK

Demi meningkatkan potensi siswa dalam berbahasa Mandarin, pada saat pembelajaran bahasa Mandarin penulis memilih menggunakan media power point dan flash card karena dengan menggunakan media tersebut akan membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih efektif dan menarik. Oleh karena itu di dalam Tugas Akhir ini penulis mengemukakan judul “Pembelajaran Bahasa Mandarin dengan Menggunakan Media Power Point dan Flash Card untuk Siswa Kelas XI SMA VITA Surabaya.”
Pada pembelajaran pertama, siswa mempelajari tujuh kosakata, antara lain: 同桌 (tóng zhuō), 考 (kᾰo),最后 (zuì hòu),道 (dὰo),轻轻 (qīng qing),得数 (dé shu),理 (lĭ) dengan menggunakan media power point dan mengevaluasi siswa menggunakan media flash card. Setelah siswa menguasai kosakata tersebut dilanjutkan mempelajari bacaan mengenai好朋友 (hᾰo péng you).
Pada pembelajaran kedua, siswa me-review bacaan好朋友(hᾰo péng you). Setelah itu siswa mempelajari tata bahasa mengenai “的”(de), “得”(de) dan “ 地”(de) yang juga menggunakan media power point.
Pada RPP I penulis mengadakan evaluasi terhadap pelafalan siswa terhadap kosakata yang diajarkan dan hasilnya 15 siswa kelas XI B terdapat 26,67% (4 siswa) tidak memenuhi SKBM, sedangkan 73,33% (11 siswa) memenuhi SKBM. Sedangkan pada RPP II penulis juga mengadakan evaluasi tertulis mengenai tata bahasa “的”(de), “得”(de) dan “ 地”(de), dan hasilnya 100% (15 siswa) memenuhi SKBM.
Dari hasil penjelasan di atas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan media power point dan flash card sangat membantu siswa dalam belajar dan juga meningkatkan hasil berbahasa Mandarin siswa.

2012
TA.BT Okt 39 2012
TA.BT Okt 39 2012
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2012
Surabaya
x, 61 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...