Detail Cantuman Kembali

XML

Penggunaan media gambar flash card dan penggunaan benda nyata sebagai alat bantu pengajaran untuk meningkatkan pemahaman mengenai nama-nama makanan dalam mata pelajaran bahasa tionghoa untuk kelas III SD YPPI 1 Surabaya.


ABSTRAK

Komunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dengan menggunakan bahasa. Salah satu alat komunikasi adalah bahasa.
Pada hakikatnya pembelajaran bahasa adalah belajar berkomunikasi. Oleh sebab itu, tujuan utama pembelajaran bahasa Tionghoa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Tionghoa, baik secara lisan maupun tertulis.
Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran bahasa Tionghoa adalah SD YPPI 1 Surabaya. Praktikan melakukan praktek pengajaran untuk siswa kelas III SD YPPI I SURABAYA. Praktikan membahas mengenai pembelajaran bahasa Tionghoa dengan menggunakan media gambar flash card dan benda nyata dalam bentuk dialog untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai nama-nama makanan.
Bedasarkan pengamatan yang dilakukan oleh praktikan selama melakukan praktek pengajaran sebagian besar siswa terasa jenuh dengan tidak adanya variasi dalam pembelajaran bahasa Tionghoa. Oleh karena itu, praktikan menggunakan media flash card dan benda nyata dalam praktek pengajarannya agar siswa merasa senang dan tidak jenuh selama mengikuti pembelajaran bahasa Tionghoa.
Praktek pengajaran yang dilakukan oleh praktikan dalam RPP I adalah penggunaan media gambar flash card yang mempermudah siswa untuk memahami mengenai nama-nama makanan. Hasil pembelajaran pada RPP I sudah sangat memuaskan karena sebanyak 86 % siswa telah menguasai materi dan rata-rata evaluasi siswa adalah 75,23.
Praktek pengajaran yang dilakukan oleh praktikan dalam RPP II adalah penggunaan benda nyata yang digunakan sebagai alat bantu dalam percakapan sangat memudahkan siswa dalam menguasai materi mengenai nama-nama makanan. Hasil evaluasi lisan dalam bentuk percakapan ini juga sangat memuaskan karena sebanyak 92 % siswa dapat menguasai materi yang dipergunakan dalam kalimat sederhana dan rata-rata dari evaluasi lisan ini adalah 70,12.
Dengan demikian dapat praktikan simpulkan bahwa media pengajaran sangat berperan penting dalam pembelajaran bahasa asing dikarenakan dengan media dapat membantu siswa lebih mudah memahami mengenai materi-materi yang disampaikan .

摘要

语言是人类表达心意,思想,感情,传播文化,增进知识,用语言组织的成一种沟通工具。
事实上学语言是用于交流,沟通, 因此学汉语是很重要的。 泗水 YPPI 的小学三年级的汉语教学, 是用图片, 教学用工具和丰富的教材, 这样学生才不会觉得单调或厌烦,这不仅使学有感兴趣,也能有效地提高学生的汉语水平。
第一的教案的实习教学法是用图片和教学用工具,结果教学效果很好,有86%的学生已能掌握讨论写作,口语平均有 75,23的学生友好的评价。第二的教案是用现实的物质来进行教学,助于学生更容易了解,认识食物之名称,有92%的学生成绩很好平均有70,12 的学生友好的评价。
在此用图片,教学用具进行教学作为传导工具所得到的结论是对学生有很大的帮助。
2009
TA.BT Agu 87 2009
TA.BT Agu 87 2009
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2009
Surabaya
xi, 123 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...