Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh penganugerahan CSR ( Corporate Social Responsibility) Award 2005 terhadap profitability pada PT. Telkom, Tbk.


Abstrak
Beberapa indicator keberasilam perusahaan dalam memenangkan persaingan di dalam dunia usaha adalah profit, pertumbuhan dan keberlangsungan (sustainability) dan kunci utama pencapaian keberlangsungan adalah adanya penerimaan public akan kehadiran perusahaan. Oleh karena itu pada masa sekarang ini, telah banyak perusahaan di Indonesia yang berlomba-lomba melaksanakan program CSR (corporate social responsibility) untuk mendapatkan opini public pemerintah pun membantu perusahaan agar di terima public dengan mengadakan CSR Award.
Tidak sedikit biaya yang telah di keluarkan oleh perusahaan dalam melaksanakan program CSR dan hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaan, namun kenyataannya saat ini semakin banyak perusahaan yang melaksanakan program CSR di karenakan dengan adanya opini publik di anggap mampu meningkatkan penjualan perusahaan sehingga berpengaruh pada profitabilitas perusahaan.
Melalui variable dana CSR tahun sebelumnya, akan diteliti apakah penganugerahan CSR Award mampu memunculkan opini publik sehingga memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan pada tahun berjalan. Melalui penelitian ini perusahaan dapat benar-benar tahu bahwa program CSR yang telah di laksanakan dapat memberikan manfaat.
Penelitian ini menggunakan uji regresi curve analisis dan uji t, hal ini dilakukan karena hanya ada satu variabel independent (dana CSR) dan delapan variabel dependent (profitabilitas). Adanya ketidakseimbang satuan nilai variabel membuat peneliti untuk menggunakan logaritmik agar nilai variabel seimbang. Nilai t tabel sebesar 12.7062 > dari semua t hitung dan nilai signifikansi di atas 0,05 sehingga hipotesa yang di terima adakah Ho yaitu “penganugerahan CSR Awardi 2005 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan “. Hal ini secara tidak langsung juga memberikan hasil bahwa publik masih belum tertarik dengan program CSR hal ini dapat disebabkan karena CSR adalah hal yang baru bagi publik dan adanya faktor lain yang lebih dominan dalam mempengaruhi publik untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Kata kunci : CSR, Gross Profit Margin , Net Profit Margin, Return On Asset, Return On Equity, Earning Per Share, Payout Ratio, Retention Ratio, Producyivity Ratio

Indrayani, SE.,MM. - Personal Name
2009
LP Ind 002 2009
LP Ind 002 2009
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2009
Surabaya
ii, 55 hal.; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...