Detail Cantuman Kembali

XML

Pentingnya penggunaan bahasa Mandarin dalam pembelian Impor Jelly pada divisi produk PT Agarindo Bogatama


ABSTRAK

Memasuki dunia pasar internasional mengakibatkan semakin bertambahnya perusahaan-perusahaan Indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan asing, salah satunya adalah perusahaan China. Oleh karena itu, penggunaan bahasa asing menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.
Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya Bahasa Mandarin dalam pembelian impor jelly pada divisi produk PT Agarindo Bogatama dari China. PT Agarindo Bogatama adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan rumput laut menjadi tepung agar-agar. Dalam pengembangan produknya, PT Agarindo Bogatama memproduksi tepung agar-agar dengan jelly. Dalam produksinya, PT Agarindo Bogatama mengimpor jelly dari Shantou Jiecheng Biotech Co., Ltd, China. Oleh karena itu, peran bahasa Mandarin sebagai sarana komunikasi sangatlah penting mengingat supplier tersebut berasal dari China.
Metode penulisan yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah dengan melakukan tinjauan langsung kepengurusan pelaksanaan impor, wawancara, serta melakukan riset studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa kegiatan impor jelly oleh PT Agarindo Bogatama dari China dilaksanakan dengan baik. Hanya saja dalam proses mengimpor jelly, PT Agarindo Bogatama mengalami kendala pada komunikasi. Hanya Komisaris PT Agarindo Bogatama saja yang menguasai bahasa Mandarin. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penulisan tugas akhir ini adalah bahwa bahasa Mandarin merupakan suatu komponen dasar komunikasi yang penting dalam pembelian impor jelly pada divisi produk PT Agarindo Bogatama.

Kata Kunci: mandarin; impor; komunikasi

2013
TA.BT Nat 44 2013
TA.BT Nat 44 2013
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2013
Surabaya
xiii, 50 hal.; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...