Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Hubungan Antara Efektivitas Modal Kerja Dengan Rentabilitas Ekonomi pada PT. HM Sampoerna, Tbk dan PT. Gudang Garam, Tbk


Abstrak

Salah satu hal yang menjadi faktor keberhasilan dalam me-manage suatu bisnis adalah manajemen modal kerja atau dana yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk membelanjai opersainya sehari-hari. Faktor yang menjadi tolak ukur keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan adalah rentabilitas. Tingkat rentabilitas yang tinggi dapat merupakan cermin efektivitas perusahaan yang tinggi pula.

Modal kerja adalah keseluruhan aktiva lancar yang dimiliki perusahan atau dapat pula dimaksudkan sebagai dana yang harus tersedia untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari-hari. Rentabilitas merupakan jumlah relatif laba yang dihasilkan dari sejumlah investasi atau modal yang ditanamkan dalam suatu usaha.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara efektivitas modal kerja dengan rentabilitas ekonomi. Dan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah PT. HM Sampoerna, Tbk dan PT. Gudang Garam, Tbk.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada PT. HM Sampoerna, Tbk tidak terdapat hubungan antara efektivitas modal kerja dengan rentabilitas ekonomi. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi yang menunjukkan angka sebesar 0.219 (mendekati nol) dan pada PT. Gudang Garam, Tbk terdapat hubungan yang sangat erat antara efektivitas modal kerja dengan rentabilitas ekonomi tetapi hubungan yang terjadi adalah terbalik atau negative ditunjukkan oleh koefisien korelasi yang menunjukkan angka sebesar -0.903 (mendekati -1).

Kata kunci : Modal Kerja dan Rentabilitas Ekonomi
2011
Sk. Ak Sus 280 2011
Sk. Ak Sus 280 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
xi, 82 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...