Detail Cantuman Kembali
Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Dan Dasar Pengembangan Strategi Pada PT. Kolang Citra Abadi di Sidoarjo
Abstrak
Konsep BALANCED SCORECARD ini dikembangkan untuk melengkapi pengukuran kinerja financial dan sebagai alat yang cukup penting bagi organisasi perusahaan untukl merefleksikan pemikiran baru dalam era competitiveness dan efektivitas organisasi. Konsep ini memperkenalkan suatu system pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan criteria-kriteria tertentu.
Batasan penelitian ini focus pada bagaimana menerapkan metode Balanced scorecard pada PT. KOLANG CITRA ABADI di sidoarjo yang bergerak di bidang industry rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja perusahaan dan menmgembangkan strategi dari 4 (empat) perspektif. Yaitu perspektif financial,perspektif pelanggan,perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada PT. KOLANG CITRA ABADI
Hasil penelitian dari empat perspektif yang dilakukan penilaian, PT. KOLANG CITRA ABADI sudah memenuhi target yang sudah ditetapkan yaitu pada perpsektif financial dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pada tahun 2009,EVA PT. KOLANG CITRA ABADI sebesar Rp. 15.026.054. kinerja keuangan pada tahun tersebut masih dapat dikatakan baik. Hasil ini menunjukkan bahwa EVA yang dicapai lebih dari target yang berarti proses nilai tambah perusahaan,maka kinerja perusahaan dikatakan baik. Sedangkan untuk kedua perspektif yang lain masih belum memenuhi target yang ditetapkan. Untuk perspektif pelanggan,pada target customer retention belum memenuhi yang ditetapkan oleh PT. KOLANG CITRA ABADI adalah sebesar > 10 % dan hasil yang diperoleh pada tahun 2008 adalah sebesar (28 %) dan tahun 2009 sebesar (41%) number of customer complain masih tinggi tingkat komplainnya sebesar < 10 % hasil yang diperoleh pada tahun 2008 sebesar 47 % dan taun 2009 < 20 % yaitu sebesar 42 % untuk perspektif bisnis internal, pada target yield rate yang ditetapkan yaitu sebesar > 30 %. Tahun 2008 sudah memenuhi yang ditetapkan oleh PT. KOLANG CITRA ABADI adalah sebesar 32% dan untuk tahun 2009 belum memenuhi target yaitu sebesar 21 %. Untuk itu pihak perusahaan perlu melakukan penilaian dengan menggunakan balanced scorecard, dengan begitu PT. KOLANG CITRA ABADI dapat menjalankan aktivitas usahanya secara berimbang dari empat perspektif. Dengan adanya penerapan balanced scorecard maka diterapkan strategi pengembangan pasar yang nantin ya diharapkan PT.KOLANG CITRA ABADI dapat meningkatkan penjualan sehingga meningkatkan return on assets.
Kata kunci : balanced scorecard,kinerja dan strategi
Nova Widyawati (11206080) - Personal Name
2010
Sk. Ak Wid 265 2010
Sk. Ak Wid 265 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
xi, 93 hal. ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...