Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan tax planning dalam mengambil keputusan terhadap pilihan alternatif pembelian truk pada PT. X Surabaya.


Abstrak

Manajemen perusahaan memiliki kecendrungan perilaku untuk menghindari pembayaran pajak dalam jumlah besar. Berkaitan dengan perilaku tersebut, manajemen perusahaan memiliki kesempatan untuk merencanakan jumlah pajak yang dibayar pada tingkat yang seminimal mungkin melalui berbagai alternatif yang dimiliki (tax planning), agar upaya untuk menghindari pembayaran pajak dalam jumlah besar tidak menyaklahi aturan hokum perpajakan yang berlaku.

PT. “X” bergerak dibidang supplier batubara, dimana batubara yang telah dipesan akan dikirim dengan truk. Dalam rangka pengembangan usaha yang dilakukan, manajemen PT. X berencana untuk menambah truk yang sudah dimiliki dengan 4 unit truk yang baru. PT. X berusaha untuk meminimalisasipembayaran pajak dengan menggunakan alternatif pembelian aktiva tetap yaitu truk. Ada tiga alternatif yang dapat dipilih oleh PT. X, yaitu pembelian tunai, kredit bank, dan leasing dengan hak opsi. Dari perhitungan yang dilakukan,leasing dengan hak opsi menghasilkan tax saving (penghematan pajak) yang paling besar yaitu Rp. 919.528.175.,65, bila dibandingkan alternatif kredit bank yang menghasilkan tax saving Rp. 892.122.378,24 dan pembelian tunai yang menghasilkan tax saving hanya Rp. 625.000.000.

Berdasarkan tinjauan nilai perusahaan di masa mendatang melalui, leasing dengan hak opsi akan menghasilkan nilai yang paling buruk. Hal ini dikarenakan ada pengakuan biaya yang lebih besar aagr pejak yang dibayar kecil, namun sesuai dengan tujuan yang dimiliki untuk merencanakan jumlah pajak yang minimal maka leasing dengan hak opsi adalah keputusan yang harus dilakukan oleh PT. “X”.

Kata kunci: Tax planning, pembelian tunai, kredit bank,leasing dengan hak opsi.

2010
Sk. Ak Ang 240 2010
Sk. Ak Ang 240 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
x, 62 hal. ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...