Detail Cantuman Kembali

XML

Perancangan sistem informasi akuntansi berbasis komputer atas prosedur penerimaan SPP di sekolah dasar santa theresia 2 Surabaya


Abstrak

Semakin hari permintaan akan tersedianya informasi yang cepat dan akuran semakin mendesak. Selain itu, seringkali permasalahan human error muncul yang bedampak pada ketidak akuratan penyajian laporan. Oleh karena itulah, dalam penelitian ini, penulis ingin mengkaji secara empiris mengenai perancangan Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer atas prosedur penerimaan SPP di sekolah dasar santa theresia 2 Surabaya. Dengan dirancangmya prosedur penerimaan SPP berbasis komputer ini diharapkan dapat memudahkan kinerja fungsi keuangan dalam mengolah data penerimaan atas pembayaran SPP.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini membahas mengenai perancangan suatu Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer, dengan menggunakan objek penelitian yaitu prosedur penerimaan SPP pada sekolah dasar santa theresia 2 Surabaya, dengan kurun waktu penelitian selama satu semester.

Dari hasil penelitian pada sekolah dasar santa theresia 2 Surabaya, masih terdapat beberapa kekurangan dalam penerimaan SPP, pencatatan , maupun pelaporannya. Penelitian ini menggambarkan prosedur manual yang selama ini digunakan sekolah dalam bentuk flowchart, kemudian dilanjutkan perancangan untuk sistem yang baru setelah dilakukan analisis sistem. Hasil dari penelitian ini meliputi desain konseptual yang menggunakan Entity Relationship Diagram dan Data Flow Diagram, serta desain fisik yang terdiri dari desain output, desain input, desain database, dan desain pengendalian. Hasil perancangan tersebut dikembangkan dalam bentuk suatu aplikasi sederhana dengan memanfaatkan Microsoft Access.

Dengan dirancangnya Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer, dapat dihasilkan informasi secara cepat dan akurat. Sistem Informasi Akuntansi berbasis komuter ini juga meningkatkan efisiensi pada sekolah dasar santa theresia 2. Sebaiknya sekolah dasar santa theresia 2 melakukan implementasi atas rancangan yang didukung oleh SDM yang mampu menjalankan aplikasi dengan baik.
Kata kunci: Desain output, desain input, desain database, dan desain pengendalin, prosedur penerimaan SPP.

Melina Wijaya (11206026) - Personal Name
20120
Sk. Ak Wij 219 2010
Sk. Ak Wij 219 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
xiii, 95 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...