Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh cash ratio, loan to deposit ratio, rasio call money dan tingkat suku bunga bank terhadap harga saham perbankan yang listing di BEI


Abstrak

Kegiatan investasi di pasar modal merupakan salah satu bentuk investasi yang menarik, karena member return yang kompetitif namun relative beresiko. Dikatakan investasi saham mempunyai resiko karena investor bisa kehilangan sebagian bahkan semua modal yang sudah diinvestasikannya, hal ini terjadi saat emitem saham yang dibelinya mengalami penurunan harga jual atau dinyatakan bangkrut. Sedangkan return yang bisa diperoleh yakni dari capital gain dan pembayaran deviden. Dalam penelitian ini diteliti sector perbankan yang telah menjadi emiten di BEI (Bursa Efek Indonesia). Rasio-rasio yang umum digunakan untuk mengukur likuiditas bank adalah cash ratio, loan to deposit ratio (LDR), dan ratio call money yang diperlukan untuk melihat kinerja bank dalam kemampuan bank melunasi kewajiban-kewajiban keuangan yang segera dapat dicairkan atau yang sudah jatuh tempo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh cash ratio, loan to deposit ratio, ratio call money, dan tingkat suku bunga bank terhadap harga saham perbankan yang listing di BEI periode 2003 hingga 2007. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank-bank terbesar di Indonesia yang listing di BEI semenjak 2003 hingga 2007 dengan teknik yang digunakan adalah purposive sample.

Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh bahwa besarnya koefisien detrminasi sebesar 0,401. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel harga saham hanya dipengaruhi oleh variabel cash ratio, loan to deposit ratio, ratio call money dan tingkat suku bunga bank sebesar 40,1 % . Sedangkan besarnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,633. Nilai ini menunjukan bahwa hubungan variabel bebas yang terdiri dari variabel cash ratio, loan to deposit ratio, ratio call money dan tingkat suku bunga bank serta variabel terikat yaitu harga saham memiliki hubungan yang cukup erat.

Hasil dari pengujian secara simultan dapan disimpulkan bahwa variabel cash ratio, loan to deposit ratio, ratio call money dan tingkat suku bunga bank secara bersama-sama / simultan dapat mempengaruhi harga saham perbankan yang listing di BEI periode 2003 hingga 2007 . sedangkan hasil dari pengujian secara parsial dapat disaimpulkan bahwa hanya variabel cash ratio, loan to deposit ratio, ratio call money yang dapat mempengaruhi harga saham perbankan yang listing di BEI periode 2003 hingga 2007 secarah terpisah / parsial.

Kata kunci : cash ratio, loan to deposit ratio, ratio call money, tingkat suku bunga bank, harga saham perbankan.

2010
Sk. Ak Agu 218 2010
Sk. Ak Agu 218 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
xi, 105 hal. ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...