Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Merek, Promosi, Dan Harga Shampo Sunslik Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Surabaya


Abstrak

Dunia bisnis kini memiliki persaingan yang ketat. Produk yang ditawarkan
sangat banyak dan bervariasi, hal tersebut menjadikan perusahaan saling
berlomba untuk memberikan kesan yang baik dan menarik terhadap merek yang
dimiliki. Hal ini juga terjadi pada perusahaan shampo, seperti kita ketahui shampo
merupakan barang kebutuhan sehari-hari dan hampir seluruh lapisan masyarakat
mengkonsumsinya. Misalnya PT. Unilever yang memiliki Sunsilk, Dove, Lifeboy dan Clear.
Dengan tersedianya bermacam-macam merek shampo yang ada di
pasaran, konsumen akan menjadi selektif di dalam memilih dan memutuskan
pembelian. Konsumen seringkali dalam membeli produk mempertimbangkan
merek dan menariknya desain produk. Merek yang tertanam baik dibenak
konsumen akan menimbulkan gambaran atau brand image.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah variabel merek,
promosi, dan harga shampo Sunsilk dapat mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen di Surabaya. Disamping itu juga untuk mengetahui apakah promosi
berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli
shampo Sunsilk jenis sachet di Surabaya.
Analisa yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda dengan alat
uji hipotesis adalah uji t dan uji F. Uji tersebut digunakan untuk mengetahui
pengaruh variabel secara simultan dan secara parsial dengan jumlah responden
sebanyak 100 orang. Dari perhitungan regresi dihasilkan: Y = -0.003 - 0,004.X1 +
0,186.X2 + 0,030.X3.
Melalui hasil pengujian regresi linier berganda, hasil perhitungan dengan
menggunakan uji simultan (uji F) dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara
bersama-sama mempengaruhi keputusan konsumen dengan nilai Fhitung sebesar
53.367, Ftabel sebesar 2,4675 sehingga Fhitung lebih besar dari Ftabel. Selain itu dari
hasil uji t juga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan
terhadap variabel keputusan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung
(3,501) > ttabel (1,9853). Dari nilai standarnized coefficients beta dapat diketahui
bahwa variabel promosi (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan.

2009
Sk.Eko Lia 491 2009
Sk.Eko Lia 491 2009
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2009
Surabaya
xi,81 hal;29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...