Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Association, dan Brand Preceived Quality terhadap Customer Value pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya


ABSTRAK

Mc Donald’s adalah rangkaian rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Restoran McDonald's pertama di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia.
Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala Likert yang diperoleh langsung dari pelanggan sebagai responden. Penelitian juga dilakukan dengan survei lapangan dan studi kepustakaan. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dengan jumlah responden 100 orang.
Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah Brand Loyalty, Brand Awareness, Brand Association, dan Brand Perceive Quality mempengaruhi customer value terhadap pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya di Surabaya baik secara parsial maupun simultan dan variabel yang dominan berpengaruh terhadap variabel tergantung.
Berdasarkan hasil uji F menunjukkan variabel brand loyalty (X1), brand awareness (X2), brand assciation (X3) dan brand perceived quality (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap customer value pada pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya (Y) secara signifikan dalam menggunakan produk Mc Donald’s, dibuktikan dengan nilai F hitung (25,462) > F tabel (2,45) maka H0 ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan tabel 4.12 diatas dapat dijelaskan bahwa nilai koefisien korelasi simultan (R) sebesar 0.719 menunjukkan bahwa keeratan atau kekuatan hubungan antara variabel brand loyalty (X1), brand awareness (X2), brand association (X3), dan brand perceived quality (X4) memiliki hubungan yang positif. Hubungan yang positif dapat ditunjukkan apabila variabel-variabel brand loyalty (X1), brand awareness (X2), dan brand association (X3), dan brand perceived quality (X4) secara simultan ditingkatkan maka customer value pada pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya (Y) akan meningkat, begitu pula sebaliknya.
Sedangkan, R Square atau determinasi berganda menunjukkan nilai 0.517 atau 51.7 %. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh antara variabel brand loyalty (X1), brand, awareness (X2), dan brand association (X3), dan brand perceived quality (X4) terhadap cutomer value (Y) pelanggan Mc Donald’s Surabaya. Pada variabel brand loyalty (X1) bertanda positif terhadap customer value pada pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya (Y) dikatakan signifikan karena mempunyai angka signifikan dibawah 0.05 yaitu sebesar 0.015 pada variabel brand loyalty (X1). Pada pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya (Y) dikatakan tidak signifikan karena mempunyai angka signifikan diatas 0.05 yaitu sebesar 0.745 pada variabel brand awareness. Pada pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya (Y) dikatakan signifikan karena mempunyai angka signifikan dibawah 0.05 yaitu sebesar 0.000 pada variabel brand association (X3). Pada koefisien regresi variabel brand perceived quality (X4) bertanda positif terhadap customer value pada pelanggan Mc Donald’s Plasa Surabaya (Y) dikatakan signifikan karena mempunyai angka signifikan dibawah 0.05 yaitu sebesar 0.043 pada variabel brand perceived quality (X4). Variabel bebas yang dominan pengaruhnya adalah brand association (X3) yaitu sebesar 0.523 atau 52.3 %.

2009
Sk. Eko Pra 449 2009
Sk. Eko Pra 449 2009
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2009
Surabaya
ix, 90 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...