Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Penganugerahan CSR Award 2005 Terhadap Probabilitas Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Telkom Indonesia)


ABSTRAK
Beberapa indikator keberhasilan perusahaan dalam memenangkan persaingan di dalam dunia usaha adalah profit, pertumbuhan dan keberlangsungan (sustainability) dan Kunci utama pencapaian keberlangsungan adalah adanya penerimaan publik akan kehadiran perusahaan. Oleh karena itu pada masa sekarang ini, telah banyak perusahaan di Indonesia yang berlomba-lomba melaksanakan program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk mendapatkan opini publik. Pemerintah pun membantu perusahaan agar diterima publik dengan mengadakan CSR Award.
Tidak sedikit biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan dalam melaksanakan program CSR dan hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaan, namun kenyataannya saat ini semakin banyak perusahaan yang melaksanakan program CSR dikarenakan dengan adanya Opini publik dianggap mampu meningkatkan penjualan perusahaan sehingga berpengaruh pada profitabilitas perusahaan.
Melalui variabel dana CSR tahun sebelumnya, akan diteliti apakah penganugerahan CSR Award mampu memunculkan opini publik sehingga memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan pada tahun berjalan. Melalui penelitian ini perusahaan dapat benar-benar tahu bahwa program CSR yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat.
Penelitian ini menggunakan uji regresi curve analisis dan uji t, hal ini dilakukan karena hanya ada satu variabel independent (dana CSR) dan delapan variabel dependent (profitabilitas). Adanya ketidakseimbangan satuan nilai variabel membuat peneliti untuk menggunakan logaritmik agar nilai variabel seimbang. Nilai t tabel sebesar 12.7062 > dari semua t hitung dan nilai signifikansi diatas 0.05 sehingga hipotesa yang diterima adalah Ho yaitu “ penganugerahan CSR Award 2005 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan ”. hal ini secara tidak langsung juga memberikan hasil bahwa publik masih belum tertarik dengan program CSR hal ini dapat disebabkan karena CSR adalah hal yang baru bagi publik dan adanya faktor lain yang lebih dominan dalam mempengaruhi publik untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

2010
Sk. Ak Man 242 2010
Sk. Ak Man 242 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
xiv, 72 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...