Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran bahasa Mandarin tentang kegiatan olahraga melalui pendekatan substitution drill dengan menggunakan media powerpoint pada siswa kelas X SMA YPPI I Surabaya


ABSTRAK
Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin dan membantu peserta didik untuk membentuk nada dan lafal mereka, penulis memilih media powerpoint karena lebih menarik dan efektif. Oleh karena itu di dalam Tugas
Akhir ini penulis mengemukakan sebuah judul “Pembelajaran Bahasa Mandarin tentang Kegiatan Olahraga melalui Pendekatan Substitution Drill dengan menggunakan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas X SMA YPPI I SURABAYA”
Pada RPP I, siswa mempelajari beberapa kosakata, antara lain : 拍皮球 (pāi píqiú), 打篮球(dǎ lánqiú), 打乒乓球(dǎ pīngpāngqiú), 跳绳(tiàoshéng), 踢 足球(tī zúqiú), 游泳(yóuyǒng), 打羽毛球(dǎ yǔmáoqiú), 打排球 (dǎ páiqiú)
serta penggunaan kosakata – kosakata tersebut ke dalam bentuk kalimat, antara lain : 你在干什么 ?(nǐ zài gàn shénme?) dan你的爱好是什么 ?(nǐ de àihào shì shénme?). Pembelajaran pada RPP I menggunakan media powerpoint yang terdiri atas karakter汉字(Hànzi) dan gambar, serta pendekatan teknik substitution drill.
Praktek mengajar pada RPP II adalah mempelajari pengembangan kalimat yang lebih luas dari kosakata – kosakata yang telah dipelajari pada RPP I, antara
lain : 你天天拍皮球吗?(nǐ tiāntiān pāi píqiú ma?) dan 你会拍皮球吗?(nǐ huì pāi píqiú ma?). Materi disajikan dalam bentuk slide powerpoint dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan teknik substitution drill.
Ditinjau dari hasil evaluasi pada RPP I, dari 18 siswa yang mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terdapat 27,7 % ( 5 siswa) yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 72,3 % (13 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM.
Sedangkan bila ditinjau dari hasil evaluasi pada RPP II, maka dari 11 siswa terdapat 18,18% (2 siswa) yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 81,82% ( 9 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM.
Dari 26 siswa, jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran pertama dan kedua hanya 9 siswa. Melihat standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) yang ditetapkan SMA YPPI I Surabaya adalah 65, ternyata pada pembelajaran pertama dan kedua terdapat 77,8% (7 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM dan 22,2% (2 siswa) dinyatakan tidak memenuhi SKBM. Namun, terdapat 3 siswa yang memenuhi SKBM, tetapi nilainya mengalami penurunan, misalnya pada RPP I mendapatkan nilai 100 dan pada RPP II mendapatkan nilai 82,5. Hal ini disebabkan karena bobot soal yang diberikan pada RPP II lebih berat dibandingkan pada RPP I. Pada RPP II setiap siswa wajib untuk melakukan substitusi (bertanya dan menjawab) sedangkan pada RPP I tidak ada dikarenakan waktu terbatas.
Dari hasil penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pembelajaran kegiatan olahraga dalam Bahasa Mandarin melalui pendekatan substitution drill dengan menggunakan media powerpoint dapat membantu untuk
membentuk nada dan lafal para siswa.

摘要
为了提高学习者的语言技能、帮助学生纠正语调和发音,作者选择使
用powerpoint,因为它是更有趣和有效。因此,作者提出:“对泗水YPPI I
高中三的学生使用替换方法和powerpoint 教育部分体育活动的词语“为论文
题目。
第一实习 (RPP I) , 学生们学的生词是:“拍皮球,打篮球,
打乒乓球,跳绳,踢足球,游泳,打羽毛球,打排球与生词的用法,比如说:
“你在干什么 ?”和 “你的爱好是什么 ?” 。第一实习使用
powerpoint,汉字和图片,替换方式。
第二实习 (RPP II),学生们学的是第一实习学过的生词的扩展,
比如说:“你天天拍皮球吗?” 和 “你会拍皮球吗?”在powerpoint 中包
括汉字和图画。
从两个测试来看,只有9个学生参加这两个测试。 第一实习和第
二实习的测验达到以下成绩:77,8%学生及格,22,2%学生不及格。但是,
有三个学生及格而他们的成绩下降,比如说在RPP I 取得100分,但是在
RPP II 取得82,5分。 这因为在RPP II 作者出的题目比RPP I 难一些。 在
RPP II 每个学生必须做替换(问和回答),而在RPP I 没有,是因为时间的
关系。
通过以上解释,结论是使用powerpoint 和替换方法对纠正学生们的语
调和发音很有帮助。
2010
TA.BT Gon 102 2010
TA.BT Gon 102 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
x, 79 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...