Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran 先 dan 回 dalam kalimat sederhana dengan permainan menyusun karakter menjadi kalimat pada anak kelas V


ABSTRAK
Dalam memacu semangat siswa dalam belajar bahasa Mandarin diperlukan metode dan media yang dapat menarik perhatian siswa. Praktikan mencoba menggunakan permainan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Praktikan menggunakan “Pembelajaran 先 dan 回 dalam kalimat sederhana dengan permainan menyusun karakter menjadi kalimat pada anak kelas V”
sebagai judul Tugas Akhir. Pada RPP I siswa mempelajari kalimat: 我先去, 我先回家, 我先回学校 untuk keterampilan mendengar, berbicara dan membaca. Pembelajaran pada RPP
I menggunakan media powerpoint dan metode audio lingual. Pada RPP II dilakukan pembelajaran menulis urutan goresan dan permainan. Hasil evaluasi berbicara kelompok menyambung kalimat pada RPP I menunjukkan bahwa 8 kelompok (80%) memenuhi SKBM, dan 2 kelompok (20%) tidak memenuhi SKBM. Hasil dari evaluasi kedua menyatakan siswa yang memenuhi SKBM adalah 49 siswa (96,8%), dan 2 siswa (3,2%) yang tidak memenuhi SKBM. Hasil evaluasi permainan secara kelompok pada RPP II dengan menyusun karakter menjadi kalimat menunjukkan bahwa 8 kelompok (66,7%) memenuhi SKBM, dan 4 kelompok (33,3%) tidak memenuhi SKBM. Dari hasil evaluasi di atas, dapat diketahui bahwa penggunaan metode audio lingual untuk pembelajaran keterampilan mendengar, berbicara dan membaca, serta penggunaan permainan menyusun karakter dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Mandarin.


摘要
目前多媒体辅助教学普遍应用于教学领域。可以提高课堂
教学效率,学生从而获得优良成绩。本人运用多媒体辅助教学探
讨小学五年级学生“先”和“回”组句的学习效率。
在第一教案使用powerpoint 和听说的多媒体让学生听说读
学“我先去”,“我先回家”,“我先回学校”的句子。第二教
案是使用白板和排字的游戏方法让学生学写汉字。
第一次测试学生51 名,其中49 人及格,占总数的96,8%,
2 人不及格占总数的3,2% 。口语测试的学生有10 组,8 组及格
占总数80%,2 组不及格占总数的20% 。第二次分组测试,学生
有12 组,8 组及格占总数66,7%,4 组不及格占总数的33,3% 。
经过以上观察证明,多媒体教学和游戏,可以提高课堂教
学效率,因此获得良好的学习成绩。

Shandya Huadi (61108001) - Personal Name
2011
TA.BT Hua 08 2011
TA.BT Hua 08 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
ix, 73 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...