Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh pengumuman dividen terhadap volume perdagangan saham pada 5 Bank go publik di BEI tahun 2008-2010


ABSTRAK
Dividen merupakan salah satu bentuk informasi yang dipublikasikan dan
merupakan signal komunikasi secara tidak langsung terhadap pemegang saham
atas profitabilitas perusahaan. Dividen dianggap memiliki kandungan informasi,
dimana kandungan informasi tersebut membuat dividen dianggap memiliki
pengaruh terhadap perubahan volume perdagangan saham yang terjadi di lantai
bursa.
Penelitian ini akan memperlihatkan apakah pengumuman dividen pada
kelima Bank yang dijadikan sebagai objek penelitian memberikan pengaruh
kepada volume perdagangan saham kelima bank yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2008 – 2010. Perusahaan sampel merupakan 5 bank yang
terdaftar di BEI dan telah memenuhi kriteria yang ditentukan.
Penelitian ini menggunakan uji t berupa uji t berpasangan (paired sample
t-test) yaitu uji yang akan membandingan volume perdagangan saham pada
kelima bank yang menjadi sampel perusahaan, dimana yang dibandingkan adalah
volume perdagangan saham sebelum pengumuman dividen dengan volume
perdagangan saham sesudah pengumuman dividen sehingga terlihat jelas
perbedaannya, apakah ada pengaruh atau tidak. Uji t ini menggunakan tingkat
signifikan 5% (α = 0,05) dan df = 14. Pada uji t kelima bank hanya bank BCA
yang menunjukan bahwa pengumuman dividen berpengaruh secara signifikan
terhadap volume perdagangan saham (nilai sig.(2-Tailed) sebesar 0,003 yang
artinya lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima). Sedangkan 4 bank
yang lain menunjukan tidak ada pengaruh sehingga kesimpulan yang diambil
adalah secara keseluruhan dari 5 bank yang dijadikan sampel sehingga dari hal
diatas dapat disimpulkan bahwa pengumuman dividen tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap volume perdagangan saham.
Kata Kunci : Pengaruh, Pengumuman dividen, volume perdaganganABSTRAK
Dividen merupakan salah satu bentuk informasi yang dipublikasikan dan
merupakan signal komunikasi secara tidak langsung terhadap pemegang saham
atas profitabilitas perusahaan. Dividen dianggap memiliki kandungan informasi,
dimana kandungan informasi tersebut membuat dividen dianggap memiliki
pengaruh terhadap perubahan volume perdagangan saham yang terjadi di lantai
bursa.
Penelitian ini akan memperlihatkan apakah pengumuman dividen pada
kelima Bank yang dijadikan sebagai objek penelitian memberikan pengaruh
kepada volume perdagangan saham kelima bank yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia periode 2008 – 2010. Perusahaan sampel merupakan 5 bank yang
terdaftar di BEI dan telah memenuhi kriteria yang ditentukan.
Penelitian ini menggunakan uji t berupa uji t berpasangan (paired sample
t-test) yaitu uji yang akan membandingan volume perdagangan saham pada
kelima bank yang menjadi sampel perusahaan, dimana yang dibandingkan adalah
volume perdagangan saham sebelum pengumuman dividen dengan volume
perdagangan saham sesudah pengumuman dividen sehingga terlihat jelas
perbedaannya, apakah ada pengaruh atau tidak. Uji t ini menggunakan tingkat
signifikan 5% (α = 0,05) dan df = 14. Pada uji t kelima bank hanya bank BCA
yang menunjukan bahwa pengumuman dividen berpengaruh secara signifikan
terhadap volume perdagangan saham (nilai sig.(2-Tailed) sebesar 0,003 yang
artinya lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima). Sedangkan 4 bank
yang lain menunjukan tidak ada pengaruh sehingga kesimpulan yang diambil
adalah secara keseluruhan dari 5 bank yang dijadikan sampel sehingga dari hal
diatas dapat disimpulkan bahwa pengumuman dividen tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap volume perdagangan saham.
Kata Kunci : Pengaruh, Pengumuman dividen, volume perdagangan

2012
Sk. Eko Wij 61 2012
Sk. Eko Wij 61 2012
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2012
Surabaya
xv, 129 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...