Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran beberapa kata sifat dalam Bahasa Mandarin melalui Media Power Point, gambar dan gerakan serta erge pada siswa kelas V SD YPPI I surabaya


ABSTRAK
Demi mencapai keberhasilan dalam pembelajaran, guru harus mengetahui bahwa setiap anak memiliki jenis kecerdasan dan karakteristik yang berbeda-beda. Untuk itu, guru harus memilih pendekatan pembelajaran yang
akan digunakan, sehingga menciptakan suasana belajar yang menarik serta memotivasi siswa untuk belajar. Penulis memilih media powerpoint karena lebih
efektif dan menarik. Oleh sebab itu penulis mengangkat “Pembelajaran Beberapa Kata Sifat dalam Bahasa Mandarin melalui Media Powerpoint, Gambar dan Gerakan, serta Erge pada Siswa Kelas V SD YPPI I Surabaya” sebagai judul Tugas Akhir.
Pada RPP I, siswa mempelajari beberapa kata sifat, antara lain: baik, cantik, lucu, dan indah. Pembelajaran pada RPP I menggunakan media
powerpoint, gambar, drill, gerakan, dan permainan.
Pembelajaran érgē pada RPP II berjudul 奶奶夸我好乖乖 (nǎi nai kuā wǒ hǎo guāi guāi). Materi disajikan dalam bentuk slide powerpoint yang terdiri dari huruf hanzi dan gambar.
Ditinjau dari hasil evaluasi tertulis RPP I, sebanyak 25 siswa (89,5%) tuntas, sedangkan 2 siswa (7%) tidak tuntas, seorang siswa (3,5%) absen.. Hasil evaluasi lisan RPP I, sebanyak 26 siswa (93%) tuntas, sedangkan seorang siswa (3,5%) tidak tuntas dan seorang siswa (3,5%) tidak masuk.
Bila ditinjau dari hasil evaluasi tertulis RPP II, 18 siswa (64%) tuntas, sedangkan 6 siswa (21%) tidak tuntas, 2 siswa (7%) absen dan 2 siswa (7%) lainnya ijin. Hasil evaluasi lisan pada RPP II, 23 siswa (82,5%) tuntas, sedangkan seorang siswa (3,5%) tidak tuntas, dua orang siswa (7%) absen dan dua siswa yang lain (7%) ijin.
Melihat hasil di atas, dapat dilihat adanya penurunan ketuntasan nilai evaluasi tertulis dari RPP I ke RPP II sebanyak 25,5%, sedangkan ketuntasan nilai evaluasi lisan RPP I ke RPP II turun 10,5%. Menurut praktikan, ketuntasan evaluasi tertulis dan lisan RPP I lebih tinggi diakibatkan oleh adanya permainan sebagai pemantapan serta dapat menarik minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Mandarin. Hanya saja sebelum memulai pembelajaran érgē, praktikan tidak mengajar beberapa kosakata baru, sehingga hal ini mempengaruhi
penurunan nilai evaluasi lisan siswa.
Dari hasil penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pembelajaran beberapa kata sifat dalam bahasa Mandarin melalui media powerpoint, gambar dan gerakan, serta érgē cukup baik serta menarik minat
belajar siswa terhadap bahasa Mandarin.

摘要
为了学生的学习成功, 老师必须理解孩子们有不一样的智力和性格. 因
此, 老师一定要选择教育方法, 希望能够吸引学生的学习兴趣, 鼓励学生. 作
者选择使用powerpoint 因为既有效果又有趣. 因此提出: “对泗水YPPI I 小学
五年级的学生使用powerpoint, 图画, 动作和儿歌教授部分形容词” 为论文题 目.
第一实习(RPP I),学生们学形容词 : 好, 美丽, 可爱 和 漂亮. 第一教
学是使用powerpoint, 图画, drill,行动和游戏学形容词.
第二实习(RPP II) 是学儿歌的, 题目是’ 奶奶夸我好乖乖’. 在
powerpoint 中包括汉字和图画.
RPP I 的写字测验达到以下成绩:89,5%学生及格, 7%不及格, 3,5%未
参加. 口语测验达到93%学生及格, 3,5%不及格,3,5%未参加.
RPP II 的写字测验达到以下成绩:64%学生及格, 21%不及格, 7%未参
加,7%请假. 口语测验达到82,5%学生及, 3,5%不及格,7%未参加,7%请假.
看了上面的结果, 我们可以知道写字测验成绩的RPP I 比RPP II 下降
25,5%, 口语测验成绩的RPP I 比RPP II 下降10,5%. 作者认为, RPP I 的成绩
比 RPP II 更好的原因是因为有游戏,所以能够吸引学生学习汉语的兴趣. 教授 儿歌之前, 老师没教儿歌的生词, 所以影响口语测验成绩的下降.
通过以上阐述, 研究的结论是使用 powerpoint, 图画, 动作和儿歌教授
部分形容词能吸引学生学习汉语的兴趣, 取得良好的教学效果.
2010
TA.BT Nat 95 2010
TA.BT Nat 95 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
viii, 109 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...