Detail Cantuman Kembali

XML

Peranan tour leader berbahasa Tionghoa terhadap keputusan rombongan wisatawan PT. Prima Vijaya Indah Tour Surabaya


ABSTRAK

PT. Prima Vijaya Indah Tour Surabaya adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pariwisata. Perusahaan ini menyediakan jasa untuk mengurus segala keperluan yang berhubungan dengan pariwisata, dan di antaranya yang paling banyak diminati oleh wisatawan adalah tur ke negeri Tiongkok.
Namun, banyaknya permintaan tur ke negeri Tiongkok ini tidak diimbangi dengan jumlah tour leader berbahasa Tionghoa yang memadai. Kendala komunikasi ini menjadi hambatan untuk menangani dengan baik setiap keluhan wisatawan, sehingga mempengaruhi tingkat kepuasan wisatawan. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin melihat sejauh mana peranan tour leader berbahasa Tionghoa terhadap kepuasan rombongan wisatawan PT. Prima Vijaya Indah Tour Surabaya.
Melalui proses wawancara, diketahui bahwa Tour leader berbahasa Tionghoa dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal. Ia dapat langsung berkomunikasi dengan pihak terkait tanpa harus menunggu bantuan dari guide, sehingga setiap keluhan dan keperluan wisatawan dapat terselesaikan dengan cepat dan baik.
Peningkatan sumber daya manusia dalam hal penguasaan bahasa Tionghoa bagi tour leader PT. Prima Vijaya Indah Tour Surabaya dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan sumber daya manusia yang telah ada, yaitu dengan mengikuti kursus, mempelajari kosakata – kosakata umum, dan menciptakan suasana berbahasa Tionghoa di kantor ataupun menambah sumber daya manusia yang baru dengan cara merekrut tour leader baru yang menguasai bahasa Tionghoa.
Sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan yang selama ini tidak pernah diketahui secara pasti oleh perusahaan, penulis memberikan saran agar diadakan pengukuran melalui pembagian angket, pengukuran dengan menggunakan teknik benchmarking, maupun melalui sumbang saran.

2011
TA.BT Meg 04 2011
TA.BT Meg 04 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
xii, p. 61 ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...