Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh faktor individu, budaya dan sosial terhadap keputusan menggunakan jasa travel Anta Tour Surabaya


ABSTRAK
Anta Tour merupakan perusahaan jasa layanan perjalanan yang berupaya mengingkatkan mutu dan kualitas layanan kepada para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, individu, secara simultan / bersama sama terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan jasa travel Anta Tour Surabaya dan mengetahui pengaruh budaya, sosial, dan individu secara parsial terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan jasa travel Anta Tour Surabaya. Untuk mengetahui besarnya minat penggunaan jasa oleh konsumen, peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 100 orang untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan faktor individu, budaya dan sosial. Berdasarkan hasil pengujian validitas dan reabilitas, kuesioner yang digunakan dinilai layak dan valid digunakan sebagai instrumen penelitian.
Uji F dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor individu (X1), factor budaya (X2) dan faktor sosial ( X3 ) secara simultan terhadap keputusan menggunakan jasa Anta Tour ( Y ). Dari uji F diperoleh nilai F hitung (137,581) > F tabel (3,07) maka Ha diterima.
Uji t dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel faktor individu (X1). Namun pengaruh faktor individu tidak signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa Anta Tour. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung untuk variable faktor individu (X1) adalah -0,273 dibandingkan dengan t tabel 0,660 dengan tingkat signifikansi 0,05 maka H0 diterima. Untuk variabel faktor budaya (X2) digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel faktor budaya (X2) secara parsial terhadap keputusan menggunakan jasa Anta Tour. Nilai t hitung untuk variabel X2 adalah -0,317 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,660 sehingga nilai t hitung lebih kecil dari t tabel. Karena t hitung lebih besar dari t tabel dan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka H0 diterima. Sedangkan untuk variabel faktor sosial (X3) secara parsial terhadap keputusan manggunakan jasa Anta Tour mempunyai t hitung untuk variabel faktor sosial (X3) sebesar 1,285 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,660 sehingga t hitung lebih kecil dari t tabel dan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,000 maka H0 diterima.
Pengujian regresi linear berganda menunjukkan terdapat pengaruh variable faktor individu, faktor budaya dan faktor sosial terhadap keputusan menggunakan jasa Anta Tour sebesar 81,1%. setiap konsumen yang menggunakan jasa Anta Tour selalu dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut yaitu faktor individu, factor budaya dan faktor sosial.

2011
Sk. Eko Gan 27 2011
Sk. Eko Gan 27 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
xi, 94 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...