Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Ulang (review) tentan aktivitas anggota keluarga denmgan menggunakan kubus 6 sisi pada SMP YPPI II Surabaya


ABSTRAK

Demi mencapai keberhasilan belajar, maka guru hendaknya menyesuaikan gaya belajar dan karakteristik siswa. Guru juga dapat memanfaatkan media pembelajaran yang menarik . Penulis memilih menggunakan media powerpoint untuk menarik minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Mandarin. Oleh karena itu penulis mengangkat “Pembelajaran Ulang (Review) Aktivitas Tentang Keluarga Dengan Menggunakan Powerpoint Serta Permainan Kubus 6 Sisi Pada SMP YPPI VII Surabaya” Pembelajaran ulang dilakukan bertujuan untuk memantabkan pembelajaran yang sebelumnya. Pada RPP I siswa mempelajari ulang mengenai aktifitas anggota keluarga, antara lain lain
医院 yiyuàn, 工作 gongzùo, 护士 hùshì, 开会 kahuì, 会议室 huìyìshì, 休息 xiuxi, 牙科 yáke, 教师 jiàoshi, 数学 shùxúe.
Pada pembelajaran RPP I, menggunakan media powerpoint, gambar dan permainan kubus 6 sisi.
Pada RPP II pembelajaran ulang lebih mengarah pada membaca pembenaran pelafalan (pin yin) dan nada (sheng diào) yang didukung penggunaan powerpoint dan dialog singkat.
Ditinjau dari hasil evaluasi belajar siswa RPP I pada pretest sebanyak 12 siswa (52%) siswa tidak tuntas, 10 siswa (44%) siswa tuntas dan 1 siswa (4%) tidak mengikuti pretest. Sedangkan ditinjau dari hasil evaluasi belajar siswa RPP I pada postest sebanyak 2 siswa (9%) siswa tidak tuntas( hal ini dikarenakan pada saat proses belajar mengajar siswa tersebut ramai sendiri), 21 siswa (87%) siswa tuntas dan 1 siswa (4%) tidak mengikuti posttest. Dari hasil pretest dan postest dapat disimpulkan hasil evaluasi belajar siswa yang tuntas naik sebesar 43%.
Ditinjau dari hasil evaluasi belajar siswa pada RPP II pada pretest sebanyak 11 siswa (48%) tidak tuntas, 5 siswa (22%) tuntas dan 7 siswa (30%) tidak mengikuti pretest. Sedangkan ditinjau dari hasil evaluasi belajar siswa RPP II pada postest sebanyak 6 siswa (28%) tidak tuntas, 10 siswa (42%) tuntas dan 7 siswa (30%) tidak mengikuti postest. Dari hasil pretest dan postest dapat disimpulkan hasil evaluasi belajar siswa yang tuntas naik 20%. Melihat hasil postest pada RPP I dan RPP II diatas dapat dilihat adanya penurunan nilai postest sebanyak 23%, menurut praktikan, pada RPP I nilai ketuntasan pada postest lebih tinggi dikarenakan oleh adanya selingan games yang dapat digunakan sebagai pemantapan siswa terhadap materi ini. Selain itu penulis juga menyimpulkan penurunan ini disebabkan oleh apa yang diajarkan masih belum match dengan apa yang dievaluasikan serta tidak sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.
Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran beberapa aktivitas anggota keluarga dalam bahasa Mandarin melalui media powerpoint dan permainan kubus 6 sisi cukup baik dan dapat menarik minat siswa.


2010
TA.BT San 106 2010
TA.BT San 106 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
ix, 52 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...