Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Penggunaan Bahasa Tionghoa oleh PT. Indoprima Gemilang untuk kelancaran komunikasi pada pembelian material dari Tiongkok


ABSTRAK

Saat ini dalam dunia bisnis penggunaan bahasa Tionghoa sebagai alat komunikasi sangatlah penting karena kelancaran bisnis berawal dari kelancaran komunikasinya.
PT. Indoprima Gemilang adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang perdagangan dan manufaktur suku cadang otomotif. Perusahaan ini mengimpor beberapa material dari Tiongkok, Taiwan, dan beberapa negara lainnya untuk menunjang proses produksi suku cadangnya.
Selama ini PT. Indoprima Gemilang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk berkomunikasi dengan pihak supplier di Tiongkok. Tetapi penggunaan bahasa Inggris ini menimbulkan kendala komunikasi, karena pihak supplier kurang memahami bahasa Inggris. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin melihat sejauh mana pengaruh penggunaan bahasa Tionghoa oleh PT. Indoprima Gemilang untuk kelancaran komunikasi pada pembelian material dari Tiongkok.
Setelah penggunaan bahasa Tionghoa, proses komunikasi yang dilakukan jauh lebih lancar, umpan balik (feedback) yang diberikan lebih cepat, memaksimalkan kinerja departemen pembelian, mempermudah penyatuan (integrasi) dengan pihak supplier, dan mempermudah pencarian supplier baru. Agar mempermudah kinerja departemen pembelian PT. Indoprima Gemilang, penulis memformulasikan standarisasi kosakata bahasa Tionghoa dan template surat bisnis berbahasa Tionghoa. Standarisasi kosakata ini dapat mengurangi miss communication yang terjadi pada saat proses pemesanan material.
Untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan perusahaan di Tiongkok, penulis memberikan saran kepada PT. Indoprima Gemilang agar setiap karyawan yang berhubungan dengan supplier Tiongkok menguasai formulasi standarisasi kosa kata bahasa Tionghoa, mengadakan pelatihan bahasa Tionghoa untuk karyawan yang menangani kerja sama tersebut, dan melakukan perekrutan karyawan yang mampu berbahasa Tionghoa dengan baik

2010
TA.BT Wij 96 2010
TA.BT Wij 96 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
xi, 60 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...