Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran beberapa kata sifat dalam bahasa mandarin tentang macam-macam kegiatan olah raga dengan metode Total Pysical Response (TPR) pada siswa kelas IV SD YPPI 1 Surabaya


ABSTRAK

Seiring ditandatanganinya perjanjian ACFTA, pemerintah Indonesia memerlukan SDM. Beberapa sekolah pun mulai memasukkan bahasa Mandarin ke dalam kurikulum sekolah. Dalam pembelajarannya, siswa mengalami kesulitan, karena bahasa Mandarin bukanlah bahasa ibu mereka. Oleh sebab itu di dalam Tugas Akhir ini, praktikan mengemukakan sebuah judul “Pembelajaran tentang Macam-macam Kegiatan Olahraga dalam Bahasa Mandarin dengan Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) pada Siswa Kelas IV SD YPPI 1 Surabaya.”
Berdasarkan judul yang telah dikemukakan di atas, pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran I (RPP I), praktikan menggunakan teknik drill untuk mengajarkan empat kosakata kegiatan olahraga, meliputi: 打蓝球(dǎ lánqiú=melempar bola), 拍皮球(pāi píqiú=mendribel bola), 踢足球(tī zúqiú=menendang bola), (跳绳tiàoshéng=lompat tali). Metode Permainan dilaksanakan sekaligus pengambilan nilai evaluasi lisan, siswa dibentuk dalam kelompok, lalu setiap kelompok diberi satu kertas buffalo, yang berbeda dengan kelompok yang lain. Bila ditinjau dari hasil penilaian, maka diketahui seluruh siswa telah memenuhi standar ketuntasan belajar minimal. Pelaksanaan evaluasi tertulis mendapat 65.4% siswa tuntas.
Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran II (RPP II), siswa mendapatkan dua kosakata, yaitu:” 喜欢(xǐhuan=suka) dan 运动 (yùndong=olahraga)”. Setelah itu, pembelajaran dalam bentuk kalimat. Adapun evaluasi yang dilaksanakan adalah evaluasi lisan, dengan hasil 92.3% siswa tuntas, Dari hasil uraian di atas, maka disimpulkan bahwa hasil penggunaan metode drill, dan Total Physical Response (TPR), cukup berhasil dalam menarik minat siswa untuk belajar Bahasa Mandarin.

2010
TA.BT And 94 2010
TA.BT And 94 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
x, 93 hal. ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...