Detail Cantuman Kembali

XML

Pengajaran Bahasa Tionghoa Dengan Media Flashcard Rempel Untuk Mereview Pada Pokok Bahasan Alat Transportasi di Kelas III SD YPPI 1 Surabaya


ABSTRAK

Setiap bahasa memiliki karakteristik sendiri, khususnya bahasa Tionghoa yang diniliai memiliki karakteristik cukup rumit dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Hal ini merupakan tantangan bagi tenaga pengajar bahasa Tionghoa di Indonesia, untuk lebih berusaha agar pembelajaran bahasa Tionghoa menjadi menyenangkan, utamanya bagi anak-anak yang sedang dalam masa dimana mereka lebih suka bermain. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Tionghoa di kelas III SD YPPI I Surabaya? Dan, Bagaimana mengajarkan bahasa Tionghoa dengan media flashcard tempel untuk mereview pada pokok bahasan alat transportasi di kelas III SD YPPI I Surabaya?
Seorang pengajar diharapkan dapat membawakan pembelajaran bahasa Tionghoa dengan menarik, agar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, salah satu caranya adalah dengan metode permainan. Alasan penggunaan metode permainan adalah karena metode permainan melibatkan aspek melihat, mendengar, dan gerakan, sehingga peserta didik yang memiliki gaya belajar Visual (belajar melalui apa yang mereka lihat), Auditori (belajar melalui apa yang mereka dengar), dan Kinestetik (belajar melalui gerak dan sentuhan) semuanya dapat belajar bersama dengan cara yang sama.
Kegiatan pertama kali yang dilakukan adalah observasi, kemudian dilanjutkan dengan praktek pembelajaran. Hasil pembelajaran menunjukan keseluruhan siswa kelas III A 100% telah menguasai materi. Tingkat keberhasilan pembelajaran tidak dapat disimpulkan, dimana keberhasilan pembelajaran dicapai karena review materi berupa permainan oleh guru praktek atau dikarenakan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru pamong.

Yini Mercyana (61104017) - Personal Name
TA.BT Mer 50 2007
TA.BT Mer 50 2007
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2007
Surabaya
x, p. 56 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...