Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Metode Permainan Untuk Mereview Materi Dalam Pembelajaran Bahasa Tionghoa Bagi Siswa Kelas V SD YPPI 1 Surabaya


ABSTRAK
Bahasa Tionghoa merupakan salah satu bahasa asing yang kian lama kian banyak diminati orang. Banyak sekolah mulai dari kelompok bermain hingga perguruan tinggi memasukkan pelajaran bahasa Tionghoa dalam kurikulum sekolah walaupun masih sebatas sebagai muatan lokal. Namun demikian masih banyak kendala yang dijumpai dalam pembelajaran bahasa Tionghoa sehingga banyak orang beranggapan bahwa bahasa Tionghoa sulit dikuasai dan tidak menarik untuk dipelajari, tidak terkecuali peserta didik di tingkat sekolah dasar.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama praktek mengajar di SD YPPI I Surabaya, khususnya di kelas V, kemungkinan salah satu penyebab ketidaktertarikan peserta didik untuk mempelajari bahasa Tionghoa adalah metode pembelajaran yang kurang variatif, yang mengakibatkan suasana pembelajaran menjadi membosankan dan membuat peserta didik tidak termotivasi mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah mengetahui bagaimana menerapkan metode permainan untuk mereview materi pembelajaran bahasa Tionghoa.
Peninjauan kembali (review) sangat diperlukan agar informasi yang telah disampaikan dapat diingat lebih lama oleh peserta didik. Metode permainan digunakan sebagai alternatif dalam mereview pembelajaran karena selain menyenangkan, kegiatan bermain melibatkan seluruh indera, fisik dan pikiran sehingga diharapkan informasi yang dipelajari dapat diingat dengan lebih baik.
Hasil yang diperoleh dari penerapan metode permainan adalah sebagai berikut, dalam permainan menghitung jumlah goresan, persentase rata-rata jawaban yang benar adalah 80,5%, permainan mengartikan kosakata dari bahasa Tionghoa menjadi bahasa Indonesia, persentase rata-rata jawaban yang benar sebesar 85,7%, sementara permainan menyusun potongan huruf menjadi kalimat persentase rata-rata sebesar 100%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara kuantitatif penerapan metode permainan memberikan hasil yang cukup baik, mampu membuat peserta didik secara antusias terlibat dalam proses pembelajaran serta mengubah suasana kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Anggriani (61104029) - Personal Name
TA.BT Ang 48 2007
TA.BT Ang 48 2007
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2007
Surabaya
ix, p 62 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...