Detail Cantuman Kembali

XML

Penggunaan Contoh Barang Asli dan Metode Permainan Untuk Mereview Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Tionghoa Pada Siswa Kelas VII SMP YPPI 3


ABSTRAK

Untuk dapat berbicara bahasa Tionghoa dengan baik dan benar, dua orang yang sedang berbicara bahasa Tionghoa perlu menguasai lafal, nada, kosakata dalam jumlah tertentu dan tata bahasa yang berlaku seperti penutur asli bahasa Tionghoa, sehingga keduanya dapat saling memahami apa yang sedang dibicarakan.
Hal yang paling penting selain kedua hal tersebut di atas adalah minat siswa untuk belajar bahasa Tionghoa. Minat timbul karena adanya motivasi, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Oleh karena itu, guna menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan mampu memotivasi siswa untuk belajar, maka di dalam Tugas Akhir ini penulis mengemukakan sebuah judul ”Penggunaan Contoh Barang Asli dan Metode Permainan untuk Mereview Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Tionghoa pada Siswa Kelas VIII SMP YPPI 3 Surabaya”.
Berdasarkan judul yang telah dikemukakan di atas, maka pembelajaran review ini menggunakan metode permainan berupa : menghitung jumlah goresan, menjodohkan kata, serta mencari dan menempel kata. Sedangkan media yang digunakan adalah contoh barang asli berupa 8 macam buah yang terdiri dari : Anggur, Apel, Jeruk, Pear, Pisang, Plum, Semangka dan Strawberi.
Hasil pembelajaran menunjukkan, dari keseluruhan siswa 90,3% sudah menguasai materi yang telah diajarkan. Sedangkan hasil kuesioner menunjukkan tentang keterlibatan siswa dalam pembelajaran mencapai 87%, kesempatan kerjasama antar siswa mencapai 100%. Siswa yang menganggap bahwa pelajaran yang diberikan guru menyenangkan mencapai 78,3%. Usaha yang diberikan siswa terhadap pembelajaran mencapai 91,3%. Dari hasil uraian penjelasan di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa : hasil penggunaan contoh barang asli dan metode permainan didalam mereview kosakata tentang buah-buahan sudah baik, tetapi belum bisa digunakan untuk mengetahui secara pasti apakah keberhasilan siswa menguasai materi merupakan akibat dari review yang dilakukan oleh penulis ataukah dari hasil pengajaran guru sebelumnya. Namun, dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan contoh barang asli dan metode permainan telah mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan mampu memotivasi siswa untuk belajar.

TA.BT Dom 47 2007
TA.BT Dom 47 2007
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2007
Surabaya
viii, p. 69 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...