Detail Cantuman Kembali

XML

Pengajaran Percakapan Bahasa Tionghoa Dengan Metode Bermain Peran Untuk Siswa Kelas VIII SMP YPPI 3 Surabaya


Abstrak

Perkembangan jaman yang begitu cepat saat ini, mau tidak mau memaksa seseorang untuk menguasai lebih dari satu bahasa. Salah satu bahasa yang digemari saat ini adalah bahasa Tionghoa. Di Indonesia pembelajaran bahasa Tionghoa sudah cukup berkembang dapat dilihat dengan begitu banyaknya temapt-tempat kursus. Yang menjadi permasalahan yang diangkat oleh penulis adalah bagaimana cara melatih siswa untk mampu menggunakan bahasa Tionghoa yang baru saja dipelajari untuk berdialog. Untuk mengetahuinya maka penulis melakukan pengajaransecara langsung, yaitu dengan menggunakan metode bermain peran dengan menggunakan VCD dan juga tulisan di karton. Dari hasil evaluasi pada saat proses pengajaran didapati selama proses pengajaran yang terdiri dari 25 siswa (92%) mampu berdialog dengan kata-kata yang baru saja dipelajari tanpa melihat teks, dan hanya 2 siswa (8%) yang tidak mapu berdialog tanpa menggunakan teks. Tetapi kesalahan yang hampir dilakukan seluruh siswa adalah melafalkan kata qù. Sehingga dapat disimpulkan pengajaran percakapan denagn berkelompok dan juga menggunakan media VCD dapat membantu melatih sisawa untuk berdialog.

Linda Hendra (61103023) - Personal Name
TA.BTHen 33 2006
TA.BTHen 33 2006
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2006
Surabaya
vi, p. 31 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...