Detail Cantuman Kembali

XML

Pengajaran Karakter Bahasa Tionghoa Dengan MenggunakanPengolahan Bentuk yang memiliki Kemiripan Untuk Mahasiswa Conversation Class Dasar Satu


ABSTRAK


Di dalam pengajaran bahasa Tionghoa ada empat keterampilan yang harus diperhatikan, yaitu: mendengar, membaca, percakapan dan menulis. Selain memperhatikan ke-empat keterampilan itu ada satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Tionghoa yaitu kebudayaan bahasa tersebut. Dalam pembelajaran bahasa Tionghoa terutama aksaranya, bagi sebagian orang dirasakan sangat sulit untuk dipelajari. Hal tersebut dikarenakan dalam aksara Tionghoa banyak terdapat aksara-aksara yang sangat mirip antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, tugas akhir ini membahas pengajaran tentang cara membedakan aksara Tionghoa yang memiliki kemiripan di dalam bentuknya, agar dapat membantu pembelajar dalam mempelajari aksara Tionghoa, terutama aksara yang memiliki kemiripan dalam bentuknya.
Langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Tionghoa diawali dengan observasi, membuat rencana pembelajaran, membuat media dan alat untuk permainan dan untuk evaluasi, selanjutnya melakukan praktek pengajaran. Di dalam pengajaran ini media yang dipakai adalah, transparansi OHP yang berisi penjelasan materi, 36 buah karton berbentuk persegi yang tertulis aksara Tionghoa yang digunakan untuk permainan, sehingga pengajaran lebih menarik. Pengajaran ini disampaikan pada mahasiswa Conversation Class dasar 1 Universitas Widya Kartika Surabaya. Dengan metode pengajaran ini, mahasiswa dapat lebih mudah dalam mempelajari aksara Tionghoa yang memiliki kemiripan dalam bentuknya, terbukti dengan hasil pengujian pre_test dan pos_test yang dikerjakan oleh mahasiswa dan didapatkan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 92 % dari jumlah 12 orang mahasiswa.


Budi Hermawan (61103004) - Personal Name
TA.BT Her 30 2006
TA.BT Her 30 2006
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2006
Surabaya
v, p. 34 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...