Detail Cantuman Kembali

XML

Pengajaran Karakter Bahasa Tionghoa Dengan MemperkenalkanPerubahan Asal Mulanya untuk Program Prodi Bahasa Toionghoa Semester II


Abstrak

Di dalam pengajaran bahasa Tionghoa dikenal 4 keterampilan yang harus diperhatikan yaitu mendengar, berbicara atau percakapan, membaca, dan menulis. Selain itu, bahasa Tionghoa memiliki bentuk tulisan yang sangat unik, yaitu karakter tulisan yang menyerupai sebuah gambar. Hal ini diperbuat dengan adanya sejarah-sejarah peninggalan tulisan kuno di Tiongkok. Tetapi pada perkembangannya tulisan Tionghoa sudah mengalami perubahan yaitu penyederhanaan tulisan. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini membahas pengajaran tentang asal mula dan perubahan karakter Tionghoa supaya dalam pemahamannya dapat mempermudah belajar menghafal karakter bahasa Tionghoa dan menambah pengetahuan akan sejarah karakter bahasa Tionghoa dan menambah pengetahuan akan sejarah karakter bahasa Tionghoa dan menambah pengetahuan akan sejarah karakter bahasa Tionghoa.
Langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran diawali dengan observasi, membuat rencana pembelajaran, membuat media dan alat evaluasi, dan selanjutnya melakukan rencana pembelajaran, membuat media dan alat evaluasi, dan selanjutnya melakukan praktek pengajaran. Di dalam pengajaran ini, media yang dipakai yaitu gambar dari buku yang ditampilkan lewat laptop dan LCD (Liquid Crystal Display) sehingga pengajaran lebih menarik. Pengajaran ini disampaikan pada mahasiswa semester II Universitas Widya Kartika Surabaya. Dengan media ini mahasiswa dapat lebih mudah dalam mengingat atau menghafal bentuk tulisan karakter Tionghoa, hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi dari mahasiswa yang sudah dapat menghafal karakter bahasa Tionghoa sebanyak 22 buah dan didapatkan hasil nilai rata-rata secara klasikal sebesar 94 dari jumlah 12 orang mahasiswa.

Sendi Yohanes (61103003) - Personal Name
TA.BT Yoh 27 2006
TA.BT Yoh 27 2006
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2006
Surabaya
vi, p. 51 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...