Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Bahasa Tionghoa Dalam Memperkenalkan Huruf hanziDengan Metode permainan Untuk Siswa Kelas II SD


Abstrak
Dalam mempelajari aksara Tionghoa, anak-anak sering menemui kesulitan dalam menghafal bentuk tulisan. Karena aksara tionghoa mempunyai karakteristik yang berbeda denagn huruf yang lain. Dalam aksara Tionghoa itu sendiri pelafalannya berbeda-beda dan memiliki arti yang berbeda pula. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian bagaimana mengajarkan huruf Hanzi dalam Bahasa Tionghoa untuk siswa kelas II SD dengan menggunakan metode permainan, karena dengan permainan siswa dapat lebih mudah menyerap materi yang disampaikan penulis. Sehingga siswa tidak cepat merasa bosan dan tertarik mempelajari Bahasa Tionghoa denagn senang hati.
Mengingat pengajaran yang dilakukan menggunakan metode permainan dibantu dengan media gambar multimedia. Maka sebelum penelitian dilakukan penulis melakukan observasi, menyusun perencanaan pembelajaan, scenario pengajaran, alat evaluasi dan melakukan praktek mengajar secara langsung. Observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran suasana kelas, karakteristik siswa (sejauh mana tingkat kemampuan siswa dalam menyerap materi), materi yang disampaikan dan media yang akan digunakan.
Setelah penulis melakukan penelitian, dalam menyusun perencanaan pembelajaran seharusnya disesuaikan dengan materi dan tingkat kemampuan siawa. Selain itu perlu diperhatikan pula penggunaan media-media pendukung pengajaran seperti model, gambar, kaset, VCD (Video Compact Disc), dan lain-lain, sehingga penggunaan media mempunyai daya tarik dan mempercepat pemahaman siswa.

TA.BT Rac 22 2006
TA.BT Rac 22 2006
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2006
Surabaya
vii, p. 35 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...