Detail Cantuman Kembali

XML

Penggunaan Media Flashcard dan Lagu Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pengajaran Bahasa Tionghoa Tentang Penunjuk Arah Bagi Siswa Kelas II SD YPPI Surabaya


Abstrak
Di era yang serba maju dan canggih ini bahasa sangatlah penting dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Pembelajaran bahasa asing bagi seseorang, akan lebih baik jika dimulai sejak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sekolah playgroup yang sudah mengajarkan bahasa asing sebagai alat komunikasi dalam melakukan proses pembelajaran. Namun masih banyak kendala yang ditemukan dalam penyampaian pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Tionghoa. Permasalahan yang sering timbul diantaranya cara penyampaian materi yang tidak menarik dan kurang bervariasi.
Dalam pembelajaran bahasa Tionghoa pada anak-anak diperlukannya pendekatan dan penggunaan media untuk menarik perhatian mereka. Penulis mendapatkan kesempatan mempraktekan “Penggunaan Media Flashcard dan Lagu untuk Meningkatkan Keberhasilan Pengajaran Bahasa Tionghoa Tentang Penunjuk Arah Bagi Siswa YPPI 1 Surabaya”.
Media flashcard sebagai salah satu media visual sangat berguna dalam pembelajaran bahasa Tionghoa terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan media tersebut bisa dinikmati oleh indera mata dan mampu memberikan gambaran diotak anak tersebut. Sedangkan pembelajaran bahasa melalui lagu dan gerak tubuh salah satunya dapat membantu merangsang perkembangan bahasa dikalangan anak-anak.Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa kurang lebih 72% dari siswa sudah memahami materi dapat dikatakan tuntas, sedangkan 28% siswa masih kurang memahami materi yang diberikan dan dapat dikatakan belum tuntas Secara klasikal nilai rata-rata yang diperoleh adalah 73,32. Hal ini dapat katakan bahwa pembelajaran secara klasikal dinyatakan sudah berhasi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sebaiknya diadakan remidi bagi siswa yang nilai evaluasi tulisnya dibawah standar.

Natalya ( 61104016) - Personal Name
2008
TA.BT Nat 66 2008
TA.BT Nat 66 2008
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2008
Surabaya
xii, p. 78 ; 29 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...