Detail Cantuman Kembali

XML

Manfaat Bentuk Kerja Sama Bisnis Model Bot Dalam Proyek Pengembangan PLTU 2 Unit 10


Abstrak
Semakin berkembangnya kerjasama antar perusahaan baik secara nasional maupun internasional membuat masyarakat semakin tidak mengerti, dan tidak mengenal akan bentuk kerjasama apa yang cocok untuk dipilih. Banyak orang yang beranggapan bahwa semua bentuk kerjasama adalah hal yang sama dan akan membawa keuntungan bagi mereka, namun pada kenyataannya setiap bentuk kerjasama memiliki keuntungan dan kerugiannya. Untuk itu masyarakat harus mengetahui bentuk-bentuk kerjasama bisnis apa saja yang ada serta keunggulan dan kelemahannya.
Secara umum bentuk kerjasama bisnis dibedakan menjadi 4, yaitu Joint Venture, keagenan/distributor, Franchise, BOT (Built Operate and Transfer). Secara spesifik akan diulas bentuk kerjasama bisinis model BOT antara pemerintah Indonesia yang diwakili Mitra Selaras Hutama Energi (MSHE) dengan pemerintah Tiongkok yang diwakili oleh Harbin Power Engineering (HPE) yang terdapat di proyek pengembangan PLTU 2 unit 9 dan unit 10, Paiton sehingga dipahami bahwa masing-masing pihak yang bekerjasama mendapatkan keuntungannya.
Kerjasama bisnis model BOT ini yang dipilih karena memberikan keuntungan bagi kedua pihak yang bekerjasama. Salah satu keuntungan yang dapat diberikan adalah bagi pemilik tanah, setelah masa perjanjian berakhir, bangunan atau proyek yang ada akan menjadi miliknya. Namun bagi investor, kerjasama ini memberi kesempatan untuk membuka usaha baru dan memperoleh keuntungan selama masa perjanjian.
Untuk menentukan jenis kerjasama bisnis apa yang cocok untuk dipilih, dan untuk mengurangi kesalahpahaman antar pihak yang bekerjasama serta kerugian yang akan diterima dari tiap-tiap bentuk kerjasama bisnis ini, maka masyarakat haruslah mengenal dan memahami fungsi serta peranan dari masing-masing bentuk kerjasama bisnis ini.

Andry Kusno ( 61105007) - Personal Name
2008
TA.BT Kus 57 2008
TA.BT Kus 57 2008
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2008
Surabaya
vii, p. 31 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...