Detail Cantuman Kembali

XML

Penggunaan Media Bergambar Untuk Mereview Materi Benda-Benda di Langit Dalam Mata Pelajaran Bahasa Tionghoa Pada Kelas II SD YPPI Surabaya


ABSTRAK

Bahasa Tionghoa merupakan salah satu bahasa asing yang mempunyai peranan penting dalam segala bidang. Banyak sekolah di Surabaya mulai menyadari pentingnya bahasa Tionghoa dan memasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Akan tetapi, entah kenapa tiba-tiba minat dan ketertarikan peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Tionghoa menurun.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama praktek mengajar di SD YPPI I Surabaya, khususnya di kelas II, kemungkinan salah satu penyebab ketidaktertarikan peserta didik untuk mempelajari bahasa Tionghoa adalah kurang adanya media bergambar yang mendukung serta metode pembelajaran yang kurang variatif, yang mengakibatkan suasana pembelajaran menjadi membosankan dan membuat peserta didik tidak dapat menguasai materi pelajaran secara maksimal. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah mengetahui seberapa besar keberhasilan yang akan dicapai dari metode permainan selama proses review pembelajaran bahasa Tionghoa berlangsung dengan menggunakan media bergambar di kelas II SD YPPI 1.
Dengan adanya media visual didalam proses review pembelajaran maka materi pelajaran yang telah disampaikan dapat diingat lebih lama oleh peserta didik. Metode permainan selain digunakan sebagai alat untuk memudahkan peserta didik dalam melihat materi, kegiatan bermain dapat juga menciptakan suasana yang menyenangkan. Hasil yang diperoleh dari penerapan metode permainan melalui media bergambar adalah sebagai berikut: permainan tebak gambar dapat dikatakan berhasil dengan tingkat kebenaran rata-rata 75 % karena sesuai dengan waktu yang direncanakan (22 menit), sedangkan dalam permainan baris berbaris dapat dikatakan tidak berhasil, karena hasil yang dicapai tidak sesuai dengan rencana, dalam waktu 15 menit peserta didik hanya mampu menyelesaikan 3 dari 6 pertanyaan dengan tingkat kebenaran sebesar 67 %.

Tie Fei Phing (61104005) - Personal Name
2008
TA-BT Tie 56 2008
TA-BT Tie 56 2008
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2008
Surabaya
ix, p. 42 ; 30 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...