Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis pengaruh produk, harga, promosi, dan fasilitas terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di pasar induk modern agrobisnis puspa agro Sidoarjo.


ABSTRAK
Perubahan sosial ekonomi sekarang ini juga turut mempengaruhi keputusan
konsumen dalam membeli, baik untuk kebutuhan primer maupun sekunder. Selain
dilihat dari segi konsumen, Kita juga perlu menganalisis adanya pengaruh yang berasal
dari beberapa variabel yang dapat dikontrol oleh pemasar ( Produsen ) dalam usahanya
untuk memberi informasi dan mempengaruhi konsumen. Variabel-variabel tersebut
antara lain produk, harga, fasilitas dan promosi.
Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari variabel-variabel tersebut,
penulis melakukanpenyebaran kuisioner kepada 120 responden yaitu konsumen yang
berbelanja di Pasar Induk Modern Agrobis Puspa Agro Sidoarjo pada saat penelitian
berlangsung. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F
dan uji t yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan parsial terhadap
keputusan pembelian konsumen. Dari perhitungan regresi dihasilkan Y = 0,296 + 0,102.X1
+ 0,312.X2 + 0,214.X3 + 0,307.X4.
Sedangkan dari hasil pengujian melalui analisis kuantitatif dengan uji F, dapat
disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen dengan nilai F hitung sebesar 62,320 dan nilai F tabel sebesar 2,44.
Dalam hubungan secara simultan ini dihasilkan koefisien determinasi (R2) yang
menggambarkan bahwa besar pengaruh kelima variabel bebas yaitu kualitas produk (X1),
harga (X2), pelayanan (X3), promosi (X4), dan lokasi (X5) terhadap keputusan pembelian
konsumen adalah sebesar 68,4%, sedangkan sisanya sebesar 31,6% disebabkan oleh
variabel lainnya.
Melalui pengujian parsial dengan uji t menghasilkan nilai t tabel sebesar 1,980 dan
thitung untuk variabel produk (X1) sebesar 1,546, yang berarti produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Harga (X2) sebesar 4,673, yang berarti
harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Promosi (X3) sebesar
3,467, yang berarti pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian
konsumen (Y). Promosi (X4) sebesar 0,365, yang berarti promosi berpengaruh terhadap
keputusan pembelian konsumen (Y).
Berdasarkan pada hasil uji hipotesis tersebut dapat diketahui bahwa variabel
yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen adalah Harga (X2)
dengan angka Standardized Coefficients Beta paling tinggi, yaitu sebesar 0,350 apabila
dibandingkan dengan variabel ,produk, promosi, dan fasilitas.

2011
Sk. Eko Kus 564 2011
Sk. Eko Kus 564 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
xii, 105 hal. ; 28.9 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...