Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Warna dalam Bahsa Mandarin dengan permainan dan Fginger Painting untuk meningkatkan Hasil Belajar pada siswa kelas 1B SD TPPI 1 Surabaya


ABSTRAK

Pembelajaran bahasa Mandarin memerlukan beberapa pendekatan belajar agar dapat mencapai hasil belajar yang baik, khususnya pembelajaran pada anakanak. Agar dapat menarik perhatian dan minat anak-anak maka dibutuhkan pendekatan yang menyenangkan seperti permainan , menggambar, dan mewarnai. Karena itu pratikan menggunakan ” Pembelajaran Warna dalam Bahasa Mandarin dengan Permainan dan Finger painting untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas 1B SD YPPI-I Surabaya.” sebagai judul Tugas Ahkir.
Pada RPP I, siswa mempelajari beberapa kosakata, antara lain: 红 (Hóng), 黄 (Huáng), 蓝 (Lán). Pembelajaran pada RPP I menggunakan media powerpoint dan permainan .Pembelajaran pada RPP II, siswa mempelajari beberapa kosakata antara lain : 橙(Chéng), 绿 (Lù), 紫 (Zǐ). Pembelajaran pada RPP II menggunakan media gambar dan finger painting.
Ditinjau dari hasil evaluasi RPP I, dari 22 siswa (jumlah siswa 24, 2 siswa absen) terdapat 9,1% (2 siswa) yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 90,9% (20 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM.
Hasil evaluasi pada RPP II, dari 24 siswa (1 siswa absen) terdapat 8,7% (2 siswa) yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 91,3% (21 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM.
Peningkatan hasil belajar siswa pada evaluasi pemahaman dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa, yang pada RPP 1 tidak dapat menjawab pertanyaan, tapi pada RPP 2 dapat menjawab pertanyaan tersebut.
Melihat hasil di atas, dapat dilihat adanya peningkatan 0,3% dari RPP I ke RPP II dikarenakan ketertarikan siswa pada finger painting. Tetapi jika dilihat secara seksama untuk nilai pada evaluasi pemahaman pada RPP II siswa sedikit mengalami kesulitan menjawab pertanyaan, karena tingkat kesulitan materi lebih tinggi dibandingkan dengan materi RPP I, dan juga adanya keterbatasan waktu untuk pengulangan kosakata.
Dari hasil penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pembelajaran beberapa kosakata tentang warna dalam bahasa Mandarin melalui Permainan dan Finger painting dapat menarik minat belajar siswa terhadapbahasa Mandarin.

2010
TA-BT Mel 103 2010
TA-BT Mel 103 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
x, 79 hal ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...