Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran tentang profesi dalam bahasa Mandarin dengan menggunakan teknik drill melalui media power point pada siswa kelas XII IPA SMA YPPI 1 Surabaya


ABSTRAK

Untuk mempermudah penyampaian serta pemahaman materi pelajaran bahasa Mandarin pada peserta didik, maka guru harus mampu mengkombinasikan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswanya. Diharapkan cara tersebut mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat menarik minat dan motivasi siswa untuk mempelajari Bahasa Mandarin.
Oleh sebab itu di dalam Tugas Akhir ini penulis mengemukakan sebuah judul “Pembelajaran Tentang Profesi Dalam Bahasa Tionghoa Dengan Menggunakan Teknik Drill Melalui Media Powerpoint Pada Siswa XI IPA SMA YPPI I Surabaya”.
Berdasarkan judul yang dikemukakan diatas, maka pada pembelajaran ini siswa mempelajari 9 macam profesi, yaitu 农民 (nóng mín), 工人(gōng rén),老师(lǎo shī ),医生(yīshēng),唱歌
(chàng gē),种田(zhòng tián),游泳(yóuyǒng),搬木头(bānmù tou),dan 造房子(zào fángzi). Teknik yang dipakai pada saat pembelajaran adalah teknik drill yang bertujuan untuk melatih nada dan lafal para siswa.
Teknik yang dipakai praktikan cukup efektif, hal ini dapat dilihat dari peningkatan daya ingat siswa dalam pembelajaran bahasa Mandarin, tetapi karena praktikan kurang dapat mengembangkan teknik tersebut dan ada beberapa kelemahan dalam perencanaan, maka siswa menjadi kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan ada beberapa siswa yang tidak berkonsentrasi, dikarenakan siswa merasa bosan, oleh sebab itu dalam evaluasi tertulis ada 76,4% atau 13 siswa memenuhi SKBM dan ada 23,6% atau 4 siswa tidak memenuhi SKBM.

Vivi Rahardjo (61107005) - Personal Name
2010
TA-BT Rah 109 2010
TA-BT Rah 109 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
xii, 64 hal ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...