Detail Cantuman Kembali

XML

Pembelajaran Bahasa Mandarin tentang alat-alat transportasi dengan Drill, lagu dan gerak bagi siswa kelas III SD YPPI 1 Surabaya


Untuk menciptakan proses pembelajaran yang baik, maka seorang pengajar diharapkan mempersiapkan dengan baik segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pembelajaran itu. Salah satunya adalah metode dan media serta pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Dengan demikian diharapkan pembelajaran dapat berlangsung teratur dan menarik. Untuk mengupayakan pembelajaran yang menarik bagi siswa, maka praktikan mengangkat judul “Pembelajaran Bahasa Mandarin tentang Alat-alat Transportasi dengan Drill, Lagu dan Gerak bagi Siswa Kelas III SD YPPI I Surabaya”.
Pada pembelajaran pertama, siswa mempelajari tiga kosakata tentang alat-alat transportasi, yaitu: mobil, kereta api, dan pesawat. Pada pembelajaran ini praktikan menggunakan media powerpoint, teknik drill, lagu dan gerak untuk mengiringi pembelajaran. Sedangkan pada pembelajaran kedua, kosakata yang diajarkan adalah: becak, sepeda, dan kapal. Pembelajaran kedua ini masih sama menggunakan lagu dan gerak sebagai alternatif pendekatan pembelajaran, hanya saja ada penambahan beberapa kalimat perintah pada saat siswa bernyanyi dan bergerak.
Bila dilihat dari hasil evaluasi lisan pada pembelajaran pertama, maka dari 24 siswa (1 siswa absen) terdapat 25% (6 siswa) yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 75% (18 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM. Sedangkan pada pembelajaran kedua dari 23 siswa (2 siswa absen) terdapat 26% (6 siswa) yang tidak memenuhi SKBM, dan 74% (17 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa pada pembelajaran pertama dan kedua jumlah siswa yang tidak memenuhi SKBM adalah sama. Pada pembelajaran pertama, siswa yang tidak memenuhi SKBM dikarenakan kurangnya penguasaan keterampilan membaca. Sedangkan pada pembelajaran kedua, siswa kurang menguasai keterampilan berbicara sebab kosakata yang diajarkan lebih rumit daripada pembelajaran pertama.
Dari penjelasan hasil di atas, penulis mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran Bahasa Mandarin dengan penggunaan drill, lagu dan gerak ini dapat dikatakan cukup baik dan menarik untuk siswa kelas III SD.

2010
TA-BT Sar 112 2010
TA-BT Sar 112 2010
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2010
Surabaya
viii, 100 hal ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...