Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD SERTA POWER POINT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP YPPI III SURABAYA


ABSTRAK

Demi meningkatkan hasil berbahasa Mandarin peserta didik, pada saat pembelajaran penulis memilih media powerpoint dan flash card karena lebih menarik dan efektif. Oleh karena itu di dalam Tugas Akhir ini penulis mengemukakan sebuah judul “Pembelajaran Bahasa Mandarin dengan menggunakan Media Flash Card serta Power Point untuk Siswa Kelas VIII SMP YPPI III Surabaya”.
Pada pembelajaran pertama, siswa mempelajari lima kosakata, antara lain:
生病 (shēngbìng), 咳嗽 (késou), 头疼 (tóu téng), 感冒 (gǎnmào), 发烧 (fā shāo) dengan menggunakan media power point. Pada pembelajaran kedua, siswa mempelajari pengembangan kalimat dari kosakata-kosakata yang telah dipelajari pada pembelajaran pertama, seperti:
我咳嗽了今天 (jīntiān wǒ késou le), 我妈发烧 (wǒ māma fāshāo), dan lain-lain.
Pada pembelajaran kedua ini menggunakan media flash card.
Pada RPP I penulis tidak sempat melaksanakan evaluasi karena waktu pembelajaran telah berkurang untuk mempersiapkan power point, sehingga penulis tidak memiliki nilai evaluasi pada RPP I. Ditinjau dari hasil evaluasi RPP II, maka dari 20 siswa (1 siswa absen) terdapat 15,8% (3 siswa) yang tidak memenuhi SKBM, sedangkan 84,2% (16 siswa) dinyatakan memenuhi SKBM. Dari hasil penjelasan di atas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pembelajaran Bahasa Mandarin dengan menggunakan media power point dan flash card dapat membantu meningkatkan hasil berbahasa Mandarin peserta didik.

2011
TA-BT Her 13 2011
TA-BT Her 13 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
x, 74 hal ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...