Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBELAJARAN BAHASA TIONGHOA TENTANG WARNA DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE DAN JENIS PAKAIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS WARNAUNTUK SISWA KELAS II SD YPPI I SURABAYA


ABSTRAK

Komunikasi adalah suatu proses kegiatan pemindahan atau penyampaian berita atau informasi yang mengandung arti dan makna dari satu pihak kepada pihak lain. Salah satu alat komunikasi yang banyak dipakai adalah bahasa.
Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran bahasa Mandarin adalah SD YPPI I Surabaya. Praktikan melakukan praktek pengajaran untuk siswa kelas II SD YPPI I Surabaya. Praktikan membahas mengenai pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan puzzle dan media kertas warna untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai macam-macam warna dan pakaian.
Praktek pengajaran yang dilakukan oleh praktikan dalam RPP I adalah penggunaan media puzzle yang mempermudah siswa untuk memahami dan mengingat macam-macam warna. Hasil evaluasi lisan pada RPP I cukup memuaskan karena dari 22 orang siswa sebanyak 18 siswa ( 81,8% ) telah menguasai materi. 4 orang siswa tidak tuntas. Nilai rata-rata evaluasi siswa 88,64.
Praktek pengajaran yang dilakukan oleh praktikan dalam RPP II adalah penggunaan media kertas warna sebagai alat bantu siswa dalam menguasai materi penggabungan warna dan pakaian. Hasil evaluasi tertulis pada RPP II juga cukup memuaskan karena dari 22 siswa sebanyak 17 siswa (77,3%) telah menguasai materi, 5 siswa tidak tuntas
Nilai rata-rata evaluasi siswa 70,45. Dengan demikian dapat praktikan simpulkan bahwa media
pengajaran sangat berperan penting dalam pembelajaran bahasa asing dikarenakan dengan adanya media dapat membantu siswa lebih mudah memahami mengenai materi-materi yang disampaikan.

2011
TA-BT Wil 12 2011
TA-BT Wil 12 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
x, 92 hal ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...