Detail Cantuman Kembali

XML

PERANAN BAHASA MANDARIN DALAM PRODUKSI PISAU SEPATU DI PT.JI SHUI MULIA ABADI


ABSTRAK

Bahasa Mandarin dewasa ini dianggap penting setelah bahasa Inggris seiring dengan kemajuan Negara Tiongkok dan Taiwan. PT. Ji Shui Mulia Abadi merupakan perusahaan milik orang Taiwan yang bergerak di bidang pisau sepatu. Selama dua puluh tahun berdiri, hanya ada satu orang tenaga kerja yang bias berbahasa Mandarin yaitu direktur PT. Ji Shui Mulia Abadi.
Dalam kegiatan produksi yang dikepalai oleh orang yang berkewarganegaraan Taiwan, tentu perbedaan bahasa merupakan hambatan utama.
Penggunaan bahasa Mandarin memiliki peranan yang sangat penting di perusahaan ini. Mulai dari pemesanan bahan baku yang diimpor dari Taiwan, komunikasi dengan pembeli, berunding dengan pemilik, hingga penggunaan software dalam proses produksi semuanya menggunakan bahasa Mandarin. Untuk mengatasi kendala perbedaan bahasa tersebut, perusahaan dapat melakukan beberapa hal seperti merekrut tengaga kerja yang bisa berbahasa Mandarin dan Indonesia sekaligus dengan baik dan memberikan pelatihan bahasa Mandarin untuk karyawan.

2011
TA-BT Sen 11 2011
TA-BT Sen 11 2011
Text
Indonesia
Universitas Widya Kartika
2011
Surabaya
XII, 61 hal ; 29 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...